TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara, Irjen Pol Midi Siswoko, memimpin rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2024. yang berlangsung di Lobby Kapolda Malut, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting diantaranya, Kabinda Malut, Danrem 152 Babullah, Sekda Provinsi Malut, Ketua DPRD Provinsi, Kajati Malut, Pejabat Utama Polda Malut, Komisioner KPU Malut, Komisioner Bawaslu Malut.

Kapolda Malut mengatakan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk menyampaikan kesiapan Polda Malut dalam mengamankan Pemilu Tahun 2024.

“Hari ini kita berkumpul dalam rangka rapat koordinasi dan akan kami paparkan kesiapan Polda Maluku Utara dalam pengamanan Pemilu Tahun 2024,”kata Irjen Pol Midi.

Selain itu, Kapolda juga mengajak semua peserta rapat untuk melakukan sharing terkait dengan potensi kerawanan yang mungkin muncul selama tahapan Pemilu 2024.

“Karena rencana ke depan, kita akan melaksanakan briefing terkait hasil pemetaan kerawanan Pemilu Tahun 2024. Kami sudah memiliki data kerawanan Pemilu per Kabupaten/Kota dan Kecamatan,”terangnya.

Kata Kapolda, mengacu pada pengalaman tahun 2019, semua pihak harus bersama-sama mengantisipasi potensi penyimpangan pada Pemilu 2024.

“Saya berharap agar politik di Maluku Utara berjalan lurus dan adil,”tambahnya.

Mengingat pentingnya netralitas TNI-Polri dalam Pemilu, lanjut Kapolda, karena Kapolri dan Panglima TNI telah menyampaikan bahwa TNI-Polri tetap netral.

“Maka itu, TNI untuk saling bekerja sama dalam mengamankan Situasi Kamtibmas di Maluku Utara selama Pemilu 2024. Dengan sinergi antara TNI-Polri, diharapkan Pemilu dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: