JAKARTA, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman menghadiri rapat persiapan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-VI yang berlangsung di Sekretariat JKPI, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Kongres JKPI ke-VI bertujuan untuk memperkuat kerja sama antar kota-kota pusaka di seluruh Indonesia dalam rangka melestarikan warisan budaya, dan memajukan pembangunan berkelanjutan.

Dalam pembahasan rapat persiapan Kongres JKPI ke-VI itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menekankan pentingnya menjaga dan merawat kekayaan budaya, sejarah sebagai modal utama untuk mengembangkan pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Untuk itu, komitmen Kota Ternate dalam mendukung inisiatif-inisiatif JKPI dalam mempromosikan keberagaman budaya Indonesia di tingkat nasional maupun internasional,”ungkap Tauhid.

Kehadiran Wali Kota Ternate itu, bagian dari kontribusi keterlibatan aktif pemerintah daerah dalam menjaga dan memperkuat kerja sama antar kota-kota pusaka di Indonesia.

“Sehingga, Kongres JKPI ke-VI diharapkan akan menjadi ajang yang produktif dalam menghasilkan strategi-strategi kolaboratif, yang akan memperkuat peran kota-kota pusaka sebagai penjaga dan penggerak keberlanjutan warisan budaya Indonesia,”tutur Tauhid.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Ternate itu pun berharap agar Kongres yang akan dilaksanakan nantinya akan menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dalam memperkuat kerja sama antar kota-kota pusaka.

“Memang ini bagian dari harapan pemerintah daerah Kota Ternate, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pembangunan secara keseluruhan,”tambah Tauhid. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: