Menu

Mode Gelap

Halsel · 18 Nov 2023 12:21 WIT ·

Lantik Anggota BPD Desa Mano, Camat Obi Selatan Berharap Bisa Bersama Membangun Desa


 Lantik Anggota BPD Desa Mano, Camat Obi Selatan Berharap Bisa Bersama Membangun Desa Perbesar

LABUHA, TERBITMALUT.COM — Camat Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Fredo Yerol Kodobo, secara resmi melantik Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2023- 2029 Desa Mano, Kecamatan Obi Selatan, Halmahera Selatan, bertempat di balai desa pada Sabtu, (18/11/2023).

Hadir bersama Camat Yerol, Tampak juga Sekcam dan beberapa anggota Kecamatan, beserta seluruh Kaur Pemerintah Desa, Masyarakat Desa Mano, Anggota BPD lama, serta para anggota BPD yang akan dilantik.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan pembacaan surat keputusan Bupati Halmahera Selatan tentang Pelantikan BPD Periode 2023- 2029 yang dibacakan langsung oleh Camat Obi Selatan Fredo Yerol Kodobo.

Usai melantik secara langsung dan sekaligus menandatangani SK pelantikan BPD Desa Mano periode 2023-2029 Camat Obi Selatan Fredo Yerol Kodobo, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pemerintah desa mano yang mana telah turut serta dalam memberikan kepercayaan serta telah menyambut dengan baik.

Camat juga berpesan kepada BPD bahwa sebelum memangku jabatan, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus Bersumpah dan Berjanji secara bersama-sama di hadapan masyarakat.

“BPD ini merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, sehingga peran BPD sangat penting dalam proses pembangunan dengan melibatkan peran aktif, partisipasi, dan mendengar apa yang menjadi keinginan masyarakat untuk dapat dikoordinasikan dan dimusyawarahkan dengan pemerintah desa,”kata Camat.

Camat Berharap anggota BPD yang baru dilantik agar dapat menjadi mitra yang baik, saling berkoordinasi, saling mengisi dan saling mengingatkan.

“Karena, fungsi pengawasan BPD bukan harus berhadapan atau saling menyalahkan tapi lebih ke arah musyawarah mufakat dalam memecahkan sebuah masalah. Dan yang terpenting adalah pekerjaan yang sudah menanti di depan dapat dikerjakan secara profesional,”ungkapnya.

Camat juga tidak lupa mengucapkan rasa terimakasih kepada ketua BPD yang lama La Eri MB yang dimana telah menjadi mitra dan berjalan bersama-sama untuk membangun desa.

“Kami berharap jangan dengan berakhirnya masa bakti BPD juga berarti berakhir pula pengabdian dalam membangun desa, tentunya kami tetap mengharapkan sumbangsih pemikiran dari BPD lama untuk tetap membangun dan memajukan desanya bersama-sama,”pintanya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Mano, Fahrudin La Maca turut mengucapkan terima kasihnya kepada Camat yang telah bersedia hadir dalam melantik secara langsung anggota BPD yang baru, dimana dengan kesibukan nya masih bersedia menyempatkan diri untuk hadir.

Dirinya juga mengatakan bahwa anggota BPD yang dilantik hari ini merupakan hasil dari pemilihan yang dilakukan pada pertengahan 2023 lalu dan Alhamdulillah anggota BPD terpilih ini bisa dilantik secara langsung oleh bapak Camat Obi Selatan.

Untuk itu, Kades berharap kepada BPD yang merupakan mitra nya di desa Kira mari bersama-sama bergandeng tangan untuk membangun Desa Mano dan saling mengisi, dalam artian tidak hanya memberikan kritik akan tetapi juga memberikan solusi jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

“Jika kedua mitra ini bisa saling bergandengan tangan tentu sebesar apapun masalah akan bisa diselesaikan dengan baik, dan kita juga berharap BPD ini bisa mendukung setiap program yang ada,”jelas Kades.

Sementara, mantan Ketua BPD, La Eri MB mengatakan, alhamdulillah pelantikan kepengurusan BPD baru berjalan lancar dan aman.

Dikatakan La Eri, semoga dengan dilantiknya BPD periode 2023-2029 dapat lebih bekerja sama dengan pemerintah desa, tidak hanya mengontrol dan mengkritik tapi juga selalu bersama-sama untuk membangun desa Mano yang lebih kedepannya.

“Saya berharap agar nanti BPD dan Pemdes bisa sama-sama saling mengontrol untuk membangun desa Mano yang lebih maju,”tambahnya. (**)

Penulis : Zrikun

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 87 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Takut Diliput, Satu Komisioner KPU Halsel Usir Wartawan Pada Saat Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kabupaten

29 Februari 2024 - 09:31 WIT

Sukseskan Pemilu 2024, KPUD dan Harita Nickel Buka 44 TPS Khusus Untuk Karyawan di Site Obi

15 Februari 2024 - 09:54 WIT

Kelola Speedboat Secara Pribadi, Inspektorat dan Kejari Halsel didesak Periksa Kades Wayaloar

31 Januari 2024 - 15:21 WIT

Kades Wayaloar Diduga Komersialkan Speedboat Hasil dari DD Tanpa Musyawarah Desa

31 Januari 2024 - 14:42 WIT

Lima Hari Dicari, Penumpang Speed Rute Ternate-Makian yang Terjatuh Ditemukan Meninggal Dunia

30 Januari 2024 - 07:55 WIT

Gelar “Safety Goes to School” Harita Nickel Ajak Siswa SMA Tunas Muda Desa Kawasi Terapkan Budaya K3

26 Januari 2024 - 07:33 WIT

Trending di Halsel