LABUHA, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Desa (Pemdes) Mano, Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, menyerahkan bantuan sarana dan prasarana penunjang pertanian kepada Kelompok Petani, “Mano Berkarya”.

Sarana dan prasarana tersebut berupa 1 unit roda tiga atau Viar dan penyerahan bantuan ini berlangsung di depan kantor BUMdes Tekad Sejahtera Mano, desa Mano, pada Minggu (29/10/2023).

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Kepala Desa Mano, Fahrudin La Maca kepada ketua Tim Pengelolaan Kerja (TPK) Desa Mano, La Ode Wandi dan langsung dilanjutkan penyerahan kepada ketua Petani

Dalam penyerahan tersebut kepala desa, Fahrudin La Maca menyerahkan secara simbolis bantuan roda tiga atau Viar kepada ketua TPK.

“Pada pagi ini, pemerintah desa telah menyerahkan bantuan sarana pertanian berupa roda tiga atau Viar untuk mendukung kegiatan kelompok tani melalui TPK,”kata Kades kepada Terbitmalut.com.

“Hal ini, demi meningkatkan serta memudahkan petani di sektor perkebunan untuk dapat menghasilkan komoditas bulanan dengan baik,” tambah Kades saat proses penyerahan.

Selain itu, Kades juga berpesan kepada petani agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga hal ini dapat memudahkan petani dalam proses pembudidayaan dan peningkatan produktivitasnya.

“Ini menjadi tanggung jawab penerima. Oleh karena itu, kelompok petani yang menerima harus memanfaatkan dan bertanggung jawab secara administratif maupun secara fisik dalam pengelolaannya,”ungkapnya.

Sementara, La Ode Wandi, selaku Ketua TPK, mengatakan, langkah tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah kepada petani di Desa Mano. Sehingga, bantuan berupa roda tiga atau Viar dapat meringankan pengangkutan hasil panen bulanan maupun tahunan.

“Ini merupakan bantuan yang berasal dari Pemdes demi meningkatkan kinerja petani. Bantuan tersebut dianggarkan dari Dana Desa tahap II tahun anggaran 2023,”jelasnya.

Ketua Kelompok Tani Mano Berkarya, La Dina, juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap pemerintah desa Mano yang sangat memperhatikan kelompok tani di desa.

“Terima kasih, semoga ke depan kita berharap masih ada juga bantuan seperti ini, untuk selalu mensejahterakan para pelaku petani. Bantuan roda tiga atau Viar ini sangat bermanfaat bagi pengangkutan untuk hasil petani, bulanan maupun tahunan,”tambahnya. (**)

Penulis : Zrikun 

Editor : Sukur 

Bagikan: