ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM —Pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) tipe D di desa Rabutdaiyo, Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, diduga mangkrak, atau terbengkalai.

Proyek ini menelan anggaran senilai Rp,44,3 Miliar yang dikerjakan oleh PT. BINA UTAMA yang sebelumnya ditargetkan akan beroperasi di Awal Tahun 2024 ini.

Namun faktanya proyek tersebut tidak selesai. Selain itu, dugaan kuat terjadi Mark Up Anggaran pada tahapan pembebasan lahan dan pekerjaan katingan atas proyek itu.

Menanggapi hal itu, Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba menyampaikan, masalah ini bukan berada pada pada pihaknya (Pemerintah) tetapi di pihak rekanan atau pihak ketiga.

“Proyek ini masih dilanjutkan karena masih ada anggaran untuk kemudian diselesaikan tahun 2024 ini, “ucap Bassam Kasuba ketika ditemui sejumlah wartawan di depan Kantor BPK RI perwakilan Maluku Utara, Jumat (12/01/2023).

Bassam menambahkan. Proyek RSP Pulau Makian baru memakan anggaran 25 persen dari total anggaran Rp44,3 Miliar sesuai pagu anggaran.

“Proyek ini baru dipakai 25 persen, sekitar Rp.8 Miliar kalau tidak salah. Untuk tahun kemarin 2023 yang tidak selesai akan diselesaikan di tahun 2024 ini,”jelasnya. (**)

Penulis : KunMarsy

Editor : Sukur 

Bagikan: