Menu

Mode Gelap

Halteng · 13 Mei 2023 04:04 WIT ·

Luhut Saksikan IWIP dan Pemkab Halteng Teken Komitmen Kerja Sama Bangun Halmahera Tengah


 Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyaksikan langsung penandatanganan komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan IWIP. Foto : Istimewa Perbesar

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyaksikan langsung penandatanganan komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan IWIP. Foto : Istimewa

HALTENG, TERBITMALUT.COM Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, berkunjung ke Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Jumat (12/5/2023) kemarin.

Dalam kunjungannya, Luhut menyaksikan langsung penandatanganan komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan IWIP.

Melalui kerja sama tersebut, IWIP melanjutkan komitmen selama ini dalam memberi dukungan kepada Pemkab untuk meningkatkan kehidupan sosial di Halmahera Tengah, di antaranya adalah pembangunan Politeknik Industri, fasilitas pengolahan air bersih, serta peningkatan Puskesmas Lelilef.

Sebelum penandatanganan komitmen ini, IWIP juga telah menyuplai listrik kepada PLTU dari PLN Halmahera Tengah sebesar 5 Megawatt. Selain itu di bidang non-fisik, IWIP melalui Weda Bay Nickel juga memberi dukungan terhadap program pendidikan melalui pembelajaran matematika metode gasing bagi anak-anak dan guru sekolah dasar.

“Di sini kita bangun ekosistem. Kita peduli terhadap warga dan juga lingkungan. Kalau dilihat karyawan di sini 90 persennya merupakan pekerja Indonesia. Namun transfer teknologi tetap dilakukan oleh perusahaan China maupun Prancis,”kata Menko Marves, Luhut B. Panjaitan seperti rilis diterima Sabtu, (13/5/2023).

Luhut juga menyampaikan, kebanggaan terhadap IWIP yang menurutnya dalam waktu singkat telah memberi dampak signifikan, terutama dalam peningkatan ekonomi. Seperti diketahui, kehadiran IWIP berhasil memberikan kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku Utara 2022 hingga mencapai 28 persen.

Hal senada juga disampaikan Pj. Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji yang merasa optimis dengan kerja sama tersebut, terlebih karena didukung oleh Menko Marves. Baginya, industrialisasi nikel di Halteng harus seimbang dengan sosial ekonomi dan lingkungan.

“Ada beberapa hal yang menjadi komitmen kita, termasuk penataan lingkungan. Beberapa lokasi pembangunan infrastruktur juga sudah mulai land clearing dan minggu depan sudah mulai bekerja. Mudah-mudahan 2024 sudah bisa diresmikan,”ucap Ikram.

Sementara Vice President IWIP, Kevin He, menyambut baik rencana Pj Bupati atas beberapa proyek pembangunan di Halteng. Bagi Kevin, IWIP akan terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan di bumi Fagogoru ini, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan wilayah.

“IWIP berharap komitmen tersebut pemerintah daerah dapat membantu IWIP dalam proses perizinan sesuai dengan kewenangan, serta mengharapkan bantuan apabila terjadi masalah yang mengarah kepada diperlukannya kehadiran pemda,” katanya.

Dengan target nilai investasi yang tinggi, lanjut Kevin, tentunya menunjukkan kehadiran IWIP dalam memberi manfaat untuk mempercepat laju perekonomian nasional.

Selain Luhut, turut serta dalam rombongan tersebut juga Menteri Keuangan Republik Demokratik Kongo H.E Nicolas Serge Kadima-Nzuji Kazadi, Deputi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti, dan Plt Deputi Sumber Daya Alam Maritim Mohammad Firman.

Sesudah kegiatan penandatanganan komitmen kerjasama, Menko Marves beserta rombongan melanjutkan meninjau kawasan industri IWIP. Pada kesempatan itu pula Menko Marves menyampaikan peluang kerja sama dengan Republik Demokratik Kongo (DRC).

“Kami berbagi dengan DRC, dan kita bisa melakukannya, saya percaya DRC bisa melakukannya karena DRC juga punya segalanya,” ucap Luhut di hadapan menteri Kongo.

“Yang sangat penting adalah semangat dan kerja sama tim. Jika Anda dapat membangun kerja sama tim yang baik, ini akan sangat baik untuk negara kita. Saya sangat berharap ini dapat membawa kenangan indah kembali ke DRC dan kemudian kita dapat segera menjalin kolaborasi dengan sangat cepat untuk membuat sesuatu seperti ini bersama-sama,” pungkasnya.

Tentang IWIP Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) merupakan kawasan industri terpadu pengolahan dan penambangan berbasis nikel yang terletak di Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Didirikan pada 30 Agustus 2018, IWIP merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sekaligus Objek Vital Nasional dengan berbagai fasilitas utama termasuk pelabuhan, airport, pembangkit listrik, smelter dan akomodasi. Saat ini IWIP mempekerjakan 42.000 karyawan yang mayoritasnya berasal dari Maluku Utara. (SL/TM)

Artikel ini telah dibaca 99 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

IWIP Sampaikan Duka Cita Manajemen atas Peristiwa yang Menimpa Helikopter PK-WSW Weda Bay

21 Februari 2024 - 13:12 WIT

Tiga Korban Jatuhnya Helikopter Bell 429 PK-WSW Berhasil Dievakuasi Dalam Kondisi Meninggal Dunia

21 Februari 2024 - 09:25 WIT

Kehadiran PT IWIP Tingkatkan Pendapatan Usaha Speed Boat

29 Januari 2024 - 19:37 WIT

Anggarkan Rp. 7 Miliar, PT IWIP Bangun Jalan Desa Lelilef Sawai

27 Desember 2023 - 14:13 WIT

Dirangkaikan Dengan Tablig Akbar, PJ Bupati Halteng Resmi Buka Festival Fagogoru 2023

15 Desember 2023 - 16:15 WIT

IWIP Buka Kesempatan Kerja Untuk 15 Ribu Warga Maluku Utara

7 Desember 2023 - 04:07 WIT

Trending di Halteng