ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Jembatan Dermaga BM Pelabuhan Penyebrangan Ferry Bastiong, Kota Ternate, Maluku Utara, Ambruk akibat ditabrak KMP Mutiara/City Line pukul 16.00 WIT Rabu, (10/5/2023).

Informasi yang didapat, peristiwa ambruknya Dermaga 02 pelabuhan tersebut terjadi sekira pukul 16.00 WIT.

Kejadian bermula saat sebuah kapal KMP Mutiara/City Line hendak sandar dan melakukan pemuatan di Dermaga 01 Pelabuhan.

Kapal tersebut diduga hilang kendali saat mau sandar, lalu kapal oleng ke arah utara dan menabrak sisi kanan tiang Beton Dermaga 02

Akibatnya jembatan penghubung yang sebagian besar dari logam besi itu ambruk dan tercebur ke dalam laut. Sementara di sisi kirinya masih bergelantungan.

Koorsatpel dan Pelabuhan Penyeberangan Bastiong, Fachry A. Radjiloen  membenarkan peristiwa tersebut.

“Iyah betul, diduga terkena benturan kapal saat hendak berlabuh di dermaga di sebelahnya,”katanya.

Menurutnya, beruntung insiden tersebut tidak memakan korban jiwa, pihaknya kata dia, saat ini masih dalam tahap koordinasi terkait insiden itu.

Ketika ditanya terkait pelayanan, lanjut dia, pihaknya akan berbicara dengan ASDP dan unsur yang berkepentingan lainnya untuk lakukan rekayasa jadwal keberangkatan.

“Mungkin mau lakukan rekayasa jadwal, bersama- sama dengan ASDP biar transportasi untuk pelabuhan tujuan itu tidak mengganggu dan tetap jalan,”ungkapnya.

Sementara itu, kapal KMP Mutiara/City Line yang diduga menabrak Dermaga 2 akan dihentikan sementara beroperasi demi kepentingan penyelidikan.

Pantauan di lapangan terlihat KMP City Line ditarik menggunakan sebuah kapal Tugboat ke arah utara perairan Kota Ternate.

Akibat ambruknya Dermaga 02 tersebut membuat KMP Baronang mengalami nasib bagus. Diketahui KMP Baronang saat kejadian sedang dalam perjalanan dari pelabuhan Rum, Kota Tidore rute ke Dermaga yang ambruk tersebut.

KMP Baronang kemudian memutuskan menurunkan penumpang ke Dermaga 01, yang berhadapan dengan dermaga Ambruk. (Red)

Bagikan: