ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, secara langsung menyerahkan sejumlah bantuan kepada para korban kebakaran di RT.08/RW.03 Kelurahan Bastiong Karance Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Minggu (8/10/2023), yang berlangsung di lokasi penampungan sementara.

Penyerahan bantuan, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman didampingi Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza M Tauhid, Kepala BPBD, Ihsan Hamzah Kepala Dinas Sosial, Burhanudin Kadir, Camat Ternate Selatan dan Lurah Bastiong Karance, serta warga terdampak kebakaran yang saat ini menempati tenda-tenda darurat.

Bantuan yang diserahkan langsung Wali Kota Ternate berupa, bantuan stimulan, uang lauk pauk, dokumen kependudukan serta peralatan rumah tangga.

Berdasarkan informasi bantuan yang diserahkan langsung kepada 25 Kepala Keluarga (KK) atau 115 jiwa dan 12 rumah terdampak musibah kebakaran diantaranya, bantuan stimulan perbaikan rumah sebesar Rp,10 juta per rumah, uang lauk pauk sebesar Rp,1,5 juta per Kepala Keluarga (KK), bantuan peralatan rumah tangga untuk masing-masing KK serta dokumen kependudukan.

Termasuk, dokumen kependudukan yang diserahkan kepada warga terdampak kebakaran yakni 19 Kartu Keluarga, 51 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan 44 lembar Akta Kelahiran.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat menemui 25 Kepala Keluarga, Korban kebakaran Bastiong Karance, di lokasi Pengungsian sementara.(Dok.Humas Kota)

Wali Kota Ternate, M.Tauhid Soleman menyampaikan, turut berbelasungkawa atas peristiwa kebakaran yang terjadi di Bastiong Karance.

“Karena ini adalah kejadian yang tidak direncanakan, melainkan peristiwa atau musibah,”kata Tauhid.

Menurut Tauhid, pemerintah akan terus berupaya untuk meringankan beban bagi warga yang terdampak musibah kebakaran yang terjadi di sekitar benteng Kalamata Kelurahan Bastiong Karance.

“Kita terus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan para korban kebakaran di Bastiong Karance, selain kebutuhan makanan, sandang dan kebutuhan-kebutuhan lainnya juga menjadi perhatian kita Pemerintah Kota Ternate,”ungkap Wali Kota.

Dikatakan Tauhid, memang berbagai bantuan telah disalurkan, hanya saja yang menjadi salah satu prioritas kita adalah penanganan adalah anak sekolah yang menjadi korban atau dampak kebakaran.

“Saya telah memerintahkan instansi terkait, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan instansi lainnya untuk segera mengambil langkah cepat dan tepat untuk membantu warga terdampak musibah kebakaran ini,”terang Tauhid.

Wali Kota pun meminta kepada warga terdampak kebakaran untuk tidak perlu merasa sedih atau sendiri. Karena Pemerintah tetap membantu sepenuhnya, dan hari ini juga akan diserahkan dokumen kependudukan, kemudian ijazah dan dokumen-dokumen lainnya juga akan dibantu.

“Kemudian instansi teknis untuk segera mengambil langkah penanganan yang menjadi skala prioritas. Kita semua berupaya dan berikhtiar, ini menjadi tanggung jawab bersama, sekali lagi saya perintahkan OPD teknis untuk segera mengambil langkah-langkah penanganan secara cepat dan tepat agar kebutuhan-kebutuhan warga terdampak kebakaran ini dapat terpenuhi,”tegasnya.

Wali Kota menambahkan, memang bantuan untuk korban kebakaran datang dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi bahkan para tamu-tamu kegiatan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia yang dipusatkan di Kota Ternate beberapa waktu lalu.

“Saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu para korban kebakaran di Kelurahan Bastiong Karance,” tuturnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: