ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Ternate menggelar Talk show Bacarita Desa di aula Kantor Wali Kota Ternate, Minggu (29/10/2023) sore kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid, Sekda Kota Ternate, Abdullah Hi. M. Saleh Ketua Bapemperda DPRD Kota Ternate, dan Bawaslu Maluku Utara.

Ketua IKAPTK Kota Ternate, Aldhy Ali mengatakan, pelaksanaan Talk show Bacarita Desa ini tentu mencermati isu-isu yang berkembang di level kelurahan, seperti isu pengalihan status kelurahan ke desa.

“Maka IKAPTK membuat diskusi ini untuk bisa menambah pencerahan bagi masyarakat di setiap kelurahan. Untuk itu, dengan adanya diskusi seperti ini dapat memberikan pencerahan baru, bukan hanya pengalihan status kelurahan ke desa tetapi juga ada potensi konflik yang terjadi,”katanya.

Menurut Aldhy, jika status kelurahan ini benar-benar diubah menjadi desa, maka tentu ada pemilihan kepala desa, dan di situ akan timbul konflik antara masyarakat dan bahkan keluarga, seperti yang terjadi di desa-desa lain di Maluku Utara.

Karena itu, Sekwan DPRD Kota Ternate itu, juga berharap dengan adanya diskusi ini, bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat, bahwa bukan hanya sekadar mengejar dana desa, tetapi harus memikirkan dampaknya.

“Ke depan IKAPTK akan melakukan diskusi di setiap kelurahan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengalihan status kelurahan, baik dampak positif dan negatifnya, agar semua itu terpulang ke masyarakat,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: