TERNATE, TERBITMALUT.COM — Virgin Coconut Oil (VCO) bermerek Groni atau Groho Nyiwi sebagai akronim dari bahasa Tidore-Makian dinyatakan lolos uji mutu (kualitas).

Dimana, produk hasil olahan dari UMKM Oti Production yang ada di Moti setelah dilakukan pengujian mutu oleh Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Malut dinyatakan lolos uji.

Hal ini sesuai dengan surat keterangan hasil uji mutu yang diterbitkan Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Malut tertanggal 15 September 2023 yang diteken langsung Kepala UPTD BPSMB Dedy Kotambunan.

Surat keterangan ini diterbitkan setelah sebelumnya BPSMB Malut ini melakukan pengujian sampel VCO Groni mulai dari rasa, bau, warna kemudian air dan senyawa yang menguap, dengan metode pengujian SNI (Standar Nasional Indonesia) 7381: 2008. Dimana dari sampel yang diterima dan parameter yang diuji maka mutu komoditi tersebut dinyatakan lolos uji.

Kepala UPTD BPSMB, Dedy Kotambunan mengatakan, UMKM yang sampel produknya dilakukan pengujian itu salah satu UMKM binaan dari Disperindag tentang cara mengelola VCO, dan beberapa waktu lalu dari UMKM asal Moti datang membawa sampel hasil produksi ke laboratorium untuk diuji.

“Alhamdulillah hasil pengujian bagus kadar airnya. Maka produk tersebut bisa diedarkan untuk dimanfaatkan warga,”katanya pada Sabtu (16/9/2023).

Dedy juga menyarankan agar pengujian sampel itu dapat dilakukan secara kontinyu untuk menjaga mutu dari setiap produk VCO Groni asal Moti tersebut.

“Pada prinsipnya cara produksi dari UMKM sudah benar, artinya pembinaan yang dilakukan Disperindag itu sudah bagus, maka mereka (UMKM) tinggal mempertahankan cara produksinya saja,”saranya.

Pihaknya kata Dedy, saat ini melakukan kerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun ini dilakukan akreditasi laboratorium di semua parameter.

“Kalau sudah terakreditasi nanti, kita bukan saja mengeluarkan hasil uji tapi nantinya ada surat yang kita keluarkan itu berlogo SNI,”ungkapnya.

Terpisah Koordinator UMKM Oti Production, Aida Usman menyebut, setelah hasil uji sampel itu diketahui pihaknya berkomitmen untuk konsisten menjaga kualitas dan mutu dari VCO Groni.

“Kami konsisten pada setiap proses dan tahapan produksi VCO, sehingga mutu dari VCO Groni ini tetap terjaga. Kami juga akan terus melakukan pengujian sampel dari produk VCO Groni ini agar kita bisa tahu secara jelas dari hasil uji laboratorium pada setiap produk kami,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: