Menu

Mode Gelap

Ternate · 6 Sep 2023 07:51 WIT ·

Delapan Kelompok Tani Terima Bantuan Mesin Cultivator dari Dinas Pertanian Kota Ternate


 Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly didampingi Sekretaris Dinas Pertanian, Ir. Sofyan Abbas secara simbolis menyerahkan bantuan Mesin Cultivator kepada Kelompok Tani. (Dok.Terbitmalut.com) Perbesar

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly didampingi Sekretaris Dinas Pertanian, Ir. Sofyan Abbas secara simbolis menyerahkan bantuan Mesin Cultivator kepada Kelompok Tani. (Dok.Terbitmalut.com)

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Hari ini Rabu, (6/9/2023) Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan mesin Cultivator sebanyak 8 unit kepada 8 kelompok tani di 4 Kecamatan Kota Ternate, seperti Kecamatan Ternate Barat, Ternate Utara, Ternate Tengah dan Pulau Ternate, pada.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, hari ini pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan mesin Cultivator sebanyak 8 unit kepada 8 Kelompok Tani yang tersebar di 4 Kecamatan, yang memang bersamaan dengan kegiatan launching implementasi aksi perubahan Pengembangan Agrowisata Hortikultura (Pagar Horti) yang digagas oleh Project Leader Ir. Sofyan Abbas.

“Selain bantuan mesin Cultivator sebanyak 8 unit yang tersebar di 4 Kecamatan itu ada juga bantuan profil tank 54 unit tersebar di 8 Kecamatan, polynet (kofo) 100 rol tersebar di 8 Kecamatan, mulsa 30 rol, dan bibit sayur-sayuran 59 paket serta saprodi yang di kasih ke kelompok yang tersebar di 8 kecamatan,”katanya.

Dari bantuan itu, lanjut Thamrin, bagi Dinas Pertanian masih kurang sebenarnya, karena tidak semua kelompok dapat sehingga kami fokus kelompok yang aktif.

“Maka kita berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik dan secepatnya harus dilakukan penanaman, karena bertepatan dengan musim tanam,”ucapnya.

Khusus untuk mesin Cultivator, bisa mengurangi beban para petani, sebab selama ini kebanyakan petani masih menggunakan cangkul atau alat manual, sehingga dengan kehadiran alat ini bisa membantu petani membuat lahan tanaman diatas 1 hektar.

Sehingga kedepannya juga, kata Thamrin, Dinas Pertanian akan meminta dukungan dari pemerintah pusat dan terutama pemerintah provinsi. Karena masih terbatas anggaran, meski begitu setiap tahun tetap berikan bantuan.

“Dari berbagai bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota, melalui Dinas Pertanian, yang bersumber dari APBD tahun 2023 dengan nilai Rp.214 juta,”ungkapnya.

Dinas Pertanian juga akan berusaha untuk memberikan bantuan kepada petani, walaupun dengan jumlah yang terbatas di tahun-tahun berikutnya. Karena masih banyak kelompok tani membutuhkan mesin Cultivator.

“Sementara kelompok tani di Kota Ternate yang aktif itu 225 kelompok. Dan yang mendapatkan bantuan di tahun 2023 ini sebanyak 85 kelompok. Hanya saja, tidak semua kelompok tani mendapatkan bantuan secara paketan, artinya sesuai kebutuhan dari masing-masing kelompok tani,”tuturnya.

Thamrin menambahkan, bantuan ini juga berdasarkan data pada calon petani dan calon lahan (CPCL) yang dimasukkan. Sehingga kita langsung mengetahui secara langsung kebutuhan kelompok tani.

“Memang ada 20 usulan yang masuk hanya saja keterbatasan anggaran sehingga, hanya 8 unit mesin Cultivator yang diberikan bantuan kepada 8 kelompok tani di tahun 2023 ini,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate