TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dalam Rangka Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke-773 tahun, yang jatuh pada Jumat, 29 Desember 2023 besok, Pemerintah Kota Ternate, menggelar doa selamat atau tahlilan yang berlangsung di Kelurahan Foramadiahi (Kampung Tua) Kamis, (28/12/2023).

Kedatangan Wali Kota, M. Tauhid Soleman bersama Ketua TP-PKK, Ny. Marliza M. Tauhid, disambut secara hangat oleh masyarakat Kelurahan Foramadiahi di lokasi pembacaan doa Selamat atau tahlilan.

Pembacaan Doa Selamat atau tahlilan ini, dihadiri secara langsung Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, Sekretaris Daerah, H. Abdullah M. Saleh, Kepala-Kepala OPD, Kepala Bagian, Asisten dan Staf Ahli Wali Kota, Ketua TP-PKK Kota Ternate, Ny. Marliza M. Tauhid, Ketua DWP Kota Ternate, Ny. Gita S. Abdullah. Termasuk Para Camat dan Lurah, serta Para Imam dan Badan Sarah se-Kecamatan Pulau Ternate.

Doa Selamat atau Tahlilan itu, dipimpin oleh Imam Masjid Jafar Sadiki Foramadiahi, Naim Hi Sibu.

Wali Kota Ternate, M.
Tauhid Soleman saat menyampaikan Sambutannya.

Sebelum Pembacaan Doa Selamat atau tahlilan, Wali Kota, M. Tauhid Soleman menyampaikan, doa selamat atau tahlilan ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang sudah dilakukan oleh pendahulu, dan sampai saat ini kita masih menjaga dan pelihara secara bersama.

Menurut Tauhid, tradisi hari ini merupakan kegiatan yang baik, dan tidak sekedar memperingati pada Hari Jadi Ternate (HAJAT). Tetapi, harus kita doakan agar negeri (Ternate) ini selalu dilindungi oleh sang Maha Kuasa.

“Kemudian, para pendahulu yang telah mendahului kita, insya Allah, ditempatkan di tempat yang layak disisinya Allah SWT. Begitu juga para kolano (Raja/Sultan) semoga mereka juga ditempatkan yang layak disisi Allah SWT,”ucapnya.

Wali Kota Ternate Bersama Ketua TP-PKK Kota Ternate, saat berjalan menuju lokasi Pembacaan Doa Selamat HAJAT Ke-773

Bagi generasi, lanjut Tauhid, sekarang ini, maupun yang akan datang, semoga kita diberikan umur yang panjang, agar bisa menjaga daerah (Ternate) dan meneruskan tradisi yang sudah lama turun temurun hingga hari ini.

“Semoga daerah ini bisa dikatakan daerah yang “baldatun, taibatun, Warabbul ghafur,”. Dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pembacaan doa Selamat atau tahlilan hari ini,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: