ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Kota Ternate, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, turut mengukuhkan Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Kota Ternate.

Bahkan di kesempatan yang sama, Ketua Komisi Nasional Disabilitas RI, Dr. Dante Rigmalia menyerahkan Anugerah Prakarsa Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Ternate, kepada Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Ternate, Minggu (17/12/2023).

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, dalam sambutannya menyampaikan, Hari Disabilitas Internasional (HDI), adalah sebuah momen yang membangkitkan kesadaran kita tentang pentingnya inklusi dan peran masyarakat dalam mendukung kesejahteraan bagi saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus.

“Untuk itu, saya merasa sangat bangga dan terhormat bisa menjadi bagian dari acara ini yang merupakan wujud nyata komitmen kita untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan adil. Hari Disabilitas Internasional bukan hanya sekedar peringatan, melainkan momentum untuk merefleksikan kembali upaya kita bersama dalam menciptakan lingkungan yang ramah dan mendukung bagi semua lapisan masyarakat,”tutur Tauhid.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat mengukuhkan Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Kota Ternate, Minggu (17/12/2023).

Menurut Wali Kota, HDI bukan sekadar acara rutin dalam kalender, melainkan sebuah panggilan untuk kita semua untuk bersatu dalam upaya menciptakan dunia yang lebih inklusif dan ramah bagi semua. Karena, kita hidup dalam zaman di mana keragaman tidak hanya diakui, tetapi juga dihargai sebagai kekayaan yang tak ternilai.

“Dan hari ini, kita berfokus pada satu kelompok yang terkadang luput dari perhatian kita, yaitu saudara-saudara kita yang luar biasa dalam keunikan mereka. Dalam kerangka ini, Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk terus memperbaiki aksesibilitas, layanan pendidikan, peluang pekerjaan, dan fasilitas umum agar semakin ramah terhadap kebutuhan saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus,”ucapnya.

Dengan bersinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, kata Wali Kota, dapat menciptakan perubahan positif yang nyata. Untuk itu, Saya mengajak kita semua untuk lebih mendalami pemahaman kita tentang disabilitas, menumbuhkan empati, dan merangkul keberagaman.

“Dalam perbedaan inilah kita menemukan kekuatan untuk mencapai kemajuan yang berarti. Mari kita jadikan Hari Disabilitas Internasional ini sebagai momen refleksi dan aksi nyata, bukan hanya sebagai perayaan, tetapi sebagai tonggak awal perubahan positif dalam kehidupan saudara-saudara kita yang luar biasa,”ajak Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan, peringatan hari Disabilitas Internasional kali ini, menjadi lebih istimewa karena Pemerintah Kota Ternate menerima penghargaan yang luar biasa, yaitu Anugerah Prakarsa Inklusi (API) dari Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia.

Dan Penghargaan ini, menjadi bukti nyata bahwa langkah-langkah yang telah kita ambil untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi semua warganya telah diakui secara nasional.

“API bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga sebuah tantangan dan tanggung jawab baru bagi kita. Kita diharapkan untuk terus berinovasi, mendorong inisiatif baru, dan memperkuat komitmen kita terhadap inklusi dalam segala aspek kehidupan masyarakat,”paparnya.

Karena, tantangan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan sebuah panggilan kepada kita semua, baik itu sektor swasta, masyarakat sipil, maupun individu, untuk bersama-sama membentuk masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Ternate yang telah bersinergi dalam upaya menciptakan kota yang ramah disabilitas. Tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, pencapaian seperti ini tidak mungkin terwujud.

“Mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk terus bersama-sama membangun Kota Ternate yang lebih baik, di mana setiap warga, tanpa terkecuali, dapat merasakan keadilan dan kesejahteraan,”pintanya.

Sebelum mengakhiri sambutan Tauhid mengajak semua pihak untuk merayakan setiap keberhasilan dan capaian dalam inklusi ini, tetapi juga untuk tetap rendah hati dan terus berkomitmen untuk mengatasi setiap hambatan yang mungkin masih ada di depan kita.

“Terima kasih kepada Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia atas penghargaan yang luar biasa ini, dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan visi inklusi di Kota Ternate,”tambahnya.

Penulis : Sukur 

Bagikan: