ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara, menggelar apel pembukaan siaga SAR khusus menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 bertempat di lapangan upacara Kantor Basarnas Ternate. Senin, (18/12/2023).

Kegiatan siaga SAR khusus ini, berlangsung dimulai dari Senin 18 Desember 2023 hingga tanggal 07 Januari 2024 mendatang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman dalam amanatnya berharap agar rekan-rekan bisa menjaga kesehatan serta melakukan giat dengan semangat dan sepenuh hati.

Menurut Fathur, tujuan dari pelaksanaan siaga SAR khusus adalah untuk memberikan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (quick action satu jiwa satu rasa) dengan cara mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Untuk itu, kita menerjunkan kurang lebih 70 personil dan juga tersebar di sejumlah wilayah, diantaranya di Pos SAR Tobelo, Unit Siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan unit siaga SAR Sanana”,jelasnya.

Fathur juga berharap agar 70 personil tersebut melakukan pemantauan secara mobile di sejumlah titik pelabuhan, tempat wisata, dan Bandara dengan mengedepankan sikap sopan dan santun saat melayani maupun melakukan koordinasi dan Misi Pencarian dan Pertolongan.

“Sementara Alut Sar yang Stand By siaga selama pelaksanaan Nataru ini adalah, Kapal KN. SAR 237 Pandu Dewanata, Rescue Boat 309, 4 Unit RIB, Sea Rider, Perahu Karet dan juga Palsar darat seperti kendaraan operasional dan lainya,”ucapnya.

Usai pelaksanaan apel, dilakukan Pembukaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2024 secara Daring Oleh Kepala Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Marsekal Madya (TNI) Kusworo di Gedung Basarnas Jakarta Pusat.

“Diharapkan kegiatan berjalan dengan baik dan semua Personil melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dan tanggung jawab,”pungkas Fathur. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: