ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly mengatakan, di tanggal 11 Desember 2023 akan dilakukan penanaman tanaman atau bibit Rempah Cengkeh dan pala sebanyak 773.

“Karena ini bertepatan dengan hari Rempah Nasional pada tanggal 11 Desember 2023, yang menjadi momentumnya Pemerintah Kota Ternate, dan juga bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-773,”kata Rizal saat diwawancarai Terbitmalut.com Kamis, (7/11/2023).

Sehingga, lanjut Rizal, Saya akan sampaikan kepada Panitia HAJAT agar dilakukan penanaman tanaman atau bibit Rempah Cengkeh dan pala sebanyak 773. Karena memang ini juga berkaitan dengan city branding Ternate sebagai Kota Rempah, dan momentum ini lah yang harus kita maksimalkan.

“Penanaman tanaman atau bibit Rempah Cengkeh dan pala sebanyak 773 itu akan dilakukan oleh instansi pemerintah, baik OPD, instansi vertikal seperti telkom, Bank Indonesia (BI) dan KPKNL, termasuk sekolah-sekolah (SMP/SMA) yang ada di Ternate yang akan kita libatkan semuanya,”ungkapnya.

Mantan Kadis Pariwisata Kota Ternate itu menambahkan, minimal satu instansi menanam 1 pohon atau bibit Rempah yang tersebar di masing-masing lokasi instansi secara serentak. Dan secara simboliknya akan dilakukan oleh Wali Kota Ternate, di kawasan Landmark atau di Benteng Orange di depan museum Rempah.

“Sehingga, paling tidak indentitas City branding Ternate sebagai Kota Rempah ini harus disosialisasikan kepada publik. Tetapi yang paling terpenting adalah kekuatan Rempah sebagai story telling masa lalu, bisa memberi nilai ekonomis bagi masyarakat hari ini dan masa yang akan datang,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: