ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Senin, (18/12/2023) tadi telah membeberkan, kriteria yang akan menjadi pilihannya dari ketiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate.

Pasalnya, ada empat nama pejabat yang telah lulus seleksi administrasi, seleksi terbuka Sekda Kota Ternate. Hanya saja, tiga pejabat lah yang ikut Seleksi Sekda Kota Ternate di hari pertama, yakni seleksi Asesmen dari para Asesor dari BKN Manado Senin, (18/12/2023).

Mereka diantaranya, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, Sekretaris DPRD Kota Ternate, Aldhy Ali dan Kepala BPKAD Kota Ternate, H. Abdullah H. M. Saleh. Sementara, Kepala Dinas Pertanian Thamrin Marsaoly mengundurkan diri dari seleksi terbuka sekda Kota Ternate.

Menurut, Wali Kota, saat ini panitia seleksi (Pansel) lagi melakukan seleksi Sekda Kota Ternate. Dan yang pastinya yang diukur adalah fleksibilitas, membantu kerja Kepala daerah, membantu pengambilan keputusan.

Jadi Sekda ini, tidak menggantikan peran Kepala Daerah, tapi berupa penugasan dari kepala daerah, dan secara atributifnya sudah di miliki kewenangan Sekda.

“Kemudian, yang paling inti yang menjadi seorang Sekretaris Daerah adalah loyalitas,”ucap Wali Kota diwawancarai sejumlah awak media di halaman kantor DPRD Kota Ternate, Senin 18 Desember 2023.

Terpisah, Sekretaris Seleksi Terbuka Jabatan Sekda dan juga Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly menyampaikan, alhamdulillah hari ini tiga pejabat yang ikut seleksi terbuka di hari pertama sudah mengikuti seleksi asesmen dari para Asesor dari BKN Manado.

“Asesmen dari asesor dari BKN Manado ini, untuk mengukur kredibilitas dan kepantasan dari tiga calon sekda tersebut,”ucapnya.

Untuk itu, Samin juga berharap agar tiga orang kandidat calon Sekda ini, yang akan mengikuti seleksi hari kedua besok, Selasa 19 Desember 2023 yakni penulisan Makalah, bisa dilanjutkan dengan pendalaman dan wawancara.

“Jadi kalau besok penulisan makalah selesai di pagi hari, maka siangnya akan dilanjutkan dengan pendalaman dan wawancara. Karena, kita juga kejar agar Selter (seleksi terbuka) ini bisa secepatnya selesai,”ungkapnya.

Kepala BKPSDM Kota Ternate itu menambahkan, Selter Jabatan Sekda ini tidak dilakukan sistem gugur, tapi dinilai secara keseluruhan oleh pansel untuk di rekap.

“Jadi penilaian terhadap asesmen, penilaian terhadap penulisan makalah dan penilaian terhadap wawancara akan dijadikan satu,”jelasnya.

Untuk, Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly yang tidak ikut Seleksi jabatan Sekda alias mengundurkan diri, kata Samin, yang bersangkutan lagi keluar daerah selama seleksi terbuka dilakukan.

“Jadi alasannya hanya keluar daerah, untuk alasan yang pasti saya juga belum tahu. Dan pengunduran diri ini, memang semua orang punya hak,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: