ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Ternate, Maluku Utara pada Jumat, (24/11/2023) kemarin menggelar lomba tarian daerah dan lagu daerah tingkat SLB dan YPAC Kota Ternate.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2023.

Ada hal menarik dan patut diapresiasi kepada puluhan anak berkebutuhan khusus, mereka dengan penuh semangat mengenakan busana adat Ternate dan berkumpul di taman Nukila untuk menampilkan bakat dan kreativitasnya.

Meski cuaca sempat hujan namun tak menyurutkan semangat anak-anak istimewa ini untuk mengikuti Lomba Tarian Daerah dan Lagu Daerah untuk Siswa SLB dan YPAC Kota Ternate yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Ternate.

Ketua Pokja II TP.PKK Kota Ternate, Hj Dwi IE menyampaikan, bahwa kegiatan lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Menurutnya, tujuannya adalah untuk memberikan ruang kepada peserta didik yang memiliki kekhususan untuk mengembangkan potensi, kreativitas dan bakat istimewa yang dimilikinya.

“Karena, penyaluran minat dan bakat serta kreativitas ini bertujuan agar mereka bisa tumbuh sejajar seperti siswa-siswi peserta didik secara umum lainnya, yang ada di Kota Ternate,”kata Dewi yang juga Ketua Panitia.

Mewakili Ketua TP-PKK Kota Ternate, Sekretaris TP. PKK Kota Ternate, Ny. Gita Abdullah menyampaikan, ucapan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru-guru pendidik anak-anak yang memiliki kekhususan atas dukungannya sehingga anak-anak bisa tampil di hadapan publik dengan rasa percaya diri.

“Hari ini anak-anak datang dengan menggunakan pakaian adat. Kami ingin memperkenalkan budaya kepada anak-anak istimewa ini, dan juga memberi mereka kesempatan yang sama untuk mengembangkan kreativitas, dan ini adalah program kerja PKK melalui Pokja 2 yaitu program Pengembangan Pendidikan Berkebutuhan Khusus”ucap Gita saat membuka kegiatan.

Acara perlombaan ini, lanjutnya, berlangsung dengan suasana penuh keceriaan. Anak-anak penyandang disabilitas ini nampak sangat percaya diri dalam menampilkan bakat dan kreativitasnya di atas panggung.

“Sehingga, mereka merasa senang, karena semua peserta meraih juara dan pulang membawa hadiah,”tambahnya.

Perlu diketahui, ada 3 dewan juri yang menilai lomba tarian daerah dan lagu daerah tingkat SLB dan YPAC Kota Ternate. Mereka diantaranya, Dewi Sari Ekawati Handayani, Profesi guru Terapis YPAC Ternate, Nofsin Gaghenggang guru SMPLB Negeri Ternate dan Nurjannah dari Pokja II PKK Ternate. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: