ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — PJ. Direktur Utama Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate, Muhammad Syafei mengatakan, tahun ini Perumda Air Minum Ake Gaale akan menambah pompa air bersih untuk dua kelurahan di Kecamatan Pulau Hiri yang belum terlayani yakni Kelurahan Mado, dan Kelurahan Togolobe.

“Insya Allah pertengahan tahun 2024 ini kita akan tambah pompa air untuk bisa meningkatkan pelayanan air bersih di dua kelurahan yang belum terlayani itu,”tuturnya kepada Terbitmalut.com Kamis, (29/2/2024).

Menurut Dirut, saat ini ada 283 sambungan rumah warga yang berada di tiga kelurahan di Kecamatan Pulau Hiri yang sudah terlayani air bersih, diantaranya Kelurahan Dorari Isa 78 sambungan rumah, Kelurahan Tafraka 45 sambungan rumah, Kelurahan Faudu 86 sambungan rumah dan Kelurahan Tomajiko 74 sambungan rumah.

Bahkan kemarin juga dari BWS telah membangun embung konservasi untuk membuat cadangan air tanah.

Sehingga air yang Payau itu bisa jadi tawar, untuk itu BWS menginvestasikan kurang lebih Rp.14 miliar untuk membangun embung konservasi di Kecamatan Pulau Hiri.

“Untuk itu, kita berterima kasih kepada BWS Maluku Utara yang sudah membangun embung konservasi di Pulau Hiri. Dan jika itu sudah selesai dibangun maka 283 sambungan rumah akan menikmati air tawar dan tidak lagi mengkonsumsi air payau,”tuturnya.

“Maka sudah tentu ada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, karena yang dulunya airnya payau jadi air tawar,”sambungnya.

Dirut juga menambahkan, di hari Minggu tanggal 3 Maret 2024 akan dilakukan survei di Kecamatan Pulau Moti. Karena, Moti itu ada 285 sambungan rumah untuk air minum yang memang hanya bergantung pada Solar cell atau pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik.

“Maka kita juga akan melakukan survei untuk melihat atau mendapatkan sumber-sumber yang lain. Walaupun ada informasi awal, ada mata air di pegunungan, sehingga kita akan mengukur debit airnya untuk melihat apakah bisa kita investasi pemasangan jaringan air disitu atau tidak,”tambahnya.

Karena kita berharap juga ada peningkatan pelayanan air minum atau bersih di Kecamatan Pulau Hiri dan Moti.

“Karena untuk Moti baru terlayani di Kelurahan Tafaga, Kelurahan Tadenas dan Kelurahan Moti Kota. Sehingga sisa kelurahan yang belum akan kita usahakan untuk bisa terlayani juga,”harapnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: