ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman pada Senin, (4/9/2023) memimpin apel gabungan kepada jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, bertepatan dengan bulan apresiasi Dinas Perhubungan.

Apel gabungan dan bulan apresiasi Dinas Perhubungan itu, dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate, Mochtar Hasim, para pejabat struktural dan fungsional di lingkup Dinas Perhubungan Kota Ternate beserta seluruh jajaran.

Dalam kesempatan yang sama Wali Kota, M. Tauhid Soleman didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Mochtar Hasim menyerahkan sejumlah paket kepada pegawai Dinas Perhubungan yang berprestasi dalam bidang tugas pelayanan maupun pengelolaan PAD sektor retribusi.

Tauhid Soleman menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan yang telah mendesain reward atau bentuk penghargaan kepada jajarannya sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja jajarannya dalam mendukung program dan kegiatan Dinas Perhubungan Kota Ternate.

“Saya secara pribadi maupun selaku Wali Kota memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Perhubungan yang memberikan reward atau penghargaan kepada jajarannya sebagai wujud atas prestasi, loyalitas, dedikasi dan kinerja pegawai atau ASN di lingkup Dinas Perhubungan,”kata Wali Kota Ternate.

Menurut Tauhid, pemberian reward terhadap kinerja jajaran secara langsung baru dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Ternate. Hal ini dapat dicatat, belum pernah dilakukan oleh seluruh Dinas dari dulu sampai saat ini, ini bagian dari reward atau penghargaan diberikan secara langsung.

“Ini pola pembinaan ASN yang baik dan bagus untuk ditiru oleh seluruh kepala OPD-OPD di lingkungan Pemerintah Kota Ternate,”ungkapnya.

Mantan Sekda Kota Ternate itu juga menyampaikan, apresiasi kepada petugas lapangan dan seluruh jajaran Dinas Perhubungan yang telah melakukan tugas dengan baik, sehingga capaian PAD khususnya pada bidang parkir tepi jalan meningkat meski belum terlalu signifikan.

“Tentu ini menjadi catatan bagi seluruh jajaran Dinas Perhubungan untuk lebih giat dan bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan,”terangnya.

Tauhid juga meminta petugas di lapangan untuk bekerja secara profesional, karena kita sebagai regulator, sebagai pengatur, sehingga saya minta petugas untuk bekerja secara profesional, kota ini kecil.

“Sehingga penataan parkir harus diatur, harus terlihat rapi, harus bersih, kita sebagai pengatur atau regulator harus menata karena itu fungsi dan tugas kita selaku pemerintah,”ucap Wali Kota.

Selain soal retribusi dan parkir, lanjut Tauhid, juga meminta jajaran Dinas Perhubungan yang membidangi Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk bekerja lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya minta Ternate harus terang, Ternate harus menyala, karena itu juga salah satu indikator kemajuan sebuah daerah. Maka saya berharap ini menjadi catatan Dinas Perhubungan khususnya bidang PJU untuk mewujudkan Ternate Terang bukan hanya di dalam wilayah Kota Ternate tapi juga di tiga Kecamatan di luar pulau Ternate,” tegas Wali Kota.

Sebagai abdi negara, Tauhid menambahkan, ASN maupun PTT memiliki tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan visi misi Pemerintah untuk menjadikan Ternate Mandiri dan Berkeadilan (Andalan).

“Bagaimana mau berkeadilan jika di pulau terluar belum terang, kita diberi amanah untuk melayani masyarakat, itu menjadi tugas saudara-saudara untuk membuat Ternate menyala, Ternate terang, saya ingin memastikan Ternate harus terang,”pintanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate, Mochtar Hasim mengatakan, sejumlah capaian dan target kegiatan pada instansi yang dipimpinnya. Sehingga di bulan Agustus tahun ini, capaian PAD melalui sektor retribusi parkir tepi jalan, mengalami peningkatan meski tidak terlalu signifikan.

“Sampai akhir Agustus, retribusi parkir tepi jalan sudah mencapai Rp.780 juta, kita berharap, tren peningkatan PAD melalui sektor retribusi parkir tepi jalan bisa mencapai Rp,1 miliar lebih hingga akhir tahun,”ungkap Mochtar.

Selain itu, Muchtar menambahkan, laporan terkait kinerja PJU yang mana hingga saat ini, tidak kurang dari 631 titik lampu di seluruh Kecamatan dalam wilayah Kota Ternate telah diperbaiki.

“Pergantian material di Kecamatan Ternate Utara 22 titik, Kecamatan Ternate Tengah 81 titik, Ternate Selatan 39 titik, Kecamatan Pulau Ternate 21 titik. Perbaikan di seluruh Kecamatan dalam wilayah Kota Ternate mencapai 631 titik,”tutup Muchtar. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: