ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pimpin Rapat Evaluasi dan Konsolidasi, Sekretaris Daerah Kota Ternate, beri stres sing kepada Kepala-kepala Bagian Sekretariat Daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Maluku Utara, Rizal Marsaoly mengatakan, rapat yang digelar tadi bersama kepala bagian setda Kota Ternate itu, dengan tujuan mengetahui fungsi pokok kerja yang mereka lakukan selama ini.

Karena memang, Kepala Bagian Setda Kota Ternate ini ada kaitannya dengan tupoksi beberapa OPD lainnya. Misalnya Bagian Ekonomi Setda, yang memiliki tugas pokok dan fungsi terkait dengan berkoordinasi tentang Bahan Bakar Minyak (BBM), berkomunikasi dengan orang yang membuka pangkalan minyak termasuk dengan Pertamina.

“Sehingga tadi saya cek ketersediaan perubahan dexlite ke Solar yang digunakan armada milik DLH. Maka itulah yang saya stres sing ke mereka, agar hal-hal seperti ini bisa dilakukan koordinasi dengan baik,”ucapnya usai memimpin rapat Senin, (15/1/2024).

Selanjutnya di bagian Kerjasama Setda Kota Ternate, Saya minta untuk menyampaikan sudah berapa banyak yang mereka lakukan kerjasama dengan pihak ketiga sejak tahun 2020-2024.

“Karena saya ingin tahu laporan yang mereka sampaikan mengenai kerjasama pihak ketiga yang melakukan kerjasama dengan pemerintah Kota Ternate. Dan sejauh mana progres di lapangan, jika ada yang masih belum tuntas apa yang menjadi kendalanya,”ungkap Rizal seperti ditanyakan pada saat rapat.

Untuk bagian Pemerintahan, lanjut mantan Kepala Bappelitbangda Kota Ternate itu, saya meminta agar bagian Pemerintahan ini lebih ekstra melakukan konsolidasi di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

“Jadi pada intinya rapat tadi adalah untuk melakukan konsolidasi terkait fungsi dan tugas dari setiap Kepala Bagian-bagian Setda Kota Ternate. Dan ini penting, karena pemkot punya sentralnya ada Kantor Wali Kota, yang sudah terbagi, baik di Bagian Umum, Perlengkapan dan Keuangan Perencanaan. Sehingga paling tidak tugas dan fungsi kita bisa kita sinkronkan apa yang dibutuhkan oleh Wali Kota,”jelasnya.

Tidak hanya evaluasi fungsi dan tugas Kepala Bagian di Sekretariat Daerah, Sekda juga meminta agar meningkatkan kedisiplinan pegawai, sehingga setiap pagi mereka harus melakukan apel pagi.

“Jika ingin melakukan pelayanan yang baik, harus didahulukan dengan kedisiplinan para ASN, PTT yang berada di Sekretariat Daerah. Untuk itu, keberadaan saya juga ingin mengayomi dan menyatukan mereka, agar ada banyak hal yang bisa kita lakukan,”pungkasnya.

Lanjut Sekda, tugas seorang Sekda bukan saja berada di Sekretariat, sehingga paling tidak 30 persen saya di Kantor (Sekretariat) 70 persen saya berada di lapangan, terutama di OPD teknis.

“Jadi semua OPD saya akan mengontrol secara keseluruhan, baik itu Kantor Dinas, Kantor Badan, Kantor Camat dan Kantor Lurah, untuk melihat Kota ini secara menyeluruh. Dan sisanya saya berada di Sekretariat Daerah,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: