ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Puncak HUT ke 24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate sukses digelar di Royal Resto Ternate, Selasa (19/12/2023).

HUT ke-24 DWP Kota Ternate itu, mengangkat tema “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan”. HUT ke-24 DWP sendiri jatuh pada tanggal 7 Desember. Namun, acara puncak peringatannya di Kota Ternate digelar pada 19 Desember 2023.

Selain itu, acara Puncak Peringatan HUT DWP ini juga dimeriahkan dengan pameran hasil kreasi barang bekas karya anggota DWP Kota Ternate, serta pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba antar unsur pelaksana. Dan acara tersebut berlangsung meriah dalam suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan.

Ketua Panitia, Ny. Fadhillah Damish dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari digelarnya Peringatan HUT DWP ini adalah untuk memperkokoh tali silaturahmi dan kebersamaan antar pengurus dan anggota, termasuk memupuk semangat dan rasa bangga terhadap organisasi DWP yang diwujudkan dalam bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program-program Pemerintah.

Menurut Fadhillah, pelaksanaan HUT DWP ke-24 ini telah diawali dengan pencanangan pada 23 Oktober lalu di Aula Kantor Walikota.

Fadhillah juga merinci kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebelum memasuki hari puncak. Dimulai dari pencanangan HUT DWP yang dirangkaikan dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita terdampak stunting, kegiatan donor darah dan skrining faktor resiko penyakit tidak menular.

“Di peringatan HUT DWP tahun ini, juga dilaksanakan berbagai lomba diantaranya, lomba tertib administrasi DWP, Lomba E-Reporting, Lomba Kreasi Barang Bekas dan Lomba Pelaksanaan Program Geliat yaitu Gerakan Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat,”ucapnya.

Fadhillah menambahkan, puncak Peringatan HUT DWP ini dihadiri oleh penasehat DWP Kota Ternate, para sesepuh penasehat, pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate, ketua DWP Kota Ternate beserta pengurus dan ketua-ketua UP DWP Se- Kota Ternate beserta anggota.

Sementara itu Ketua DWP Kota Ternate, Ny. Gita S. Abdullah saat membacakan sambutan Ketua Umum DWP menyampaikan, sebagaimana tema HUT DWP, “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan”, maka sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan, sudah sepatutnya kita sebagai perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat, seperti yang selama ini kita lakukan bersama organisasi yang kita cintai ini, Dharma Wanita Persatuan.

“Besar harapan saya agar organisasi ini terus menjadi rumah bagi kita semua, sekaligus menjadi pilar penting dalam meningkatkan peranan perempuan Indonesia,”jelas Gita.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, dalam sambutannya menyampaikan, acara ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga merupakan momentum untuk mengenang perjalanan panjang DWP dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kota Ternate.

Menurut Wali Kota, DWP, sebagai organisasi yang berkomitmen untuk berperan aktif dalam membangun kebersamaan, kesejahteraan, dan keharmonisan, telah mengukir banyak prestasi dan sukses dalam setiap langkahnya. Dan keberhasilan ini tidak terlepas dari semangat kerja keras, dedikasi, serta semangat gotong royong para anggotanya yang tak pernah berhenti berkarya demi kemajuan bersama.

“Hari ini bukan hanya tentang angka, bukan hanya tentang usia. Hari ini adalah perayaan semangat, dedikasi, dan kebersamaan yang telah membimbing langkah Dharma Wanita Persatuan kita selama 24 tahun. Sebuah perjalanan yang sarat dengan makna dan prestasi, sebuah kisah kebersamaan yang tak terhitung jumlahnya,”ucap Tauhid.

Sebagai Penasehat DWP, Saya terus terinspirasi oleh semangat positif dan kegigihan anggota Dharma Wanita Persatuan yang terus tumbuh bersamaan dengan usia 24 tahun organisasi ini, bukanlah waktu yang sebentar, dan dalam rentang waktu tersebut, DWP Kota Ternate telah menjadi garda terdepan dalam membawa sinar kebaikan dan cinta kasih kepada masyarakat kita.

“Tetapi, dalam setiap langkah dan inisiatif yang diambil, DWP telah menjadi pelopor dalam mendukung pembangunan dan memberdayakan perempuan. Ini bukan hanya perayaan, tetapi juga momen refleksi kita bersama. Kita melihat sejauh mana kita telah tumbuh, sejauh mana kita telah berkontribusi, dan sejauh mana kita dapat melangkah ke depan,”tutur Wali Kota.

Tauhid menambahkan, dalam perjalanan 24 tahun ini, DWP Kota Ternate telah menjadi wahana bagi para ibu dan istri para ASN Kota Ternate untuk bersatu, berbagi, dan berkarya. Untuk itu, Saya yakin, semangat kebersamaan ini akan terus menjadi pendorong utama bagi DWP dalam mencapai tujuannya untuk memberdayakan perempuan dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Ternate.

“Sebagai bagian dari komunitas yang peduli, saya mengajak seluruh anggota DWP untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Ternate dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan yang lebih baik,”pintanya.

Tentu, lanjut Tauhid, tidak ada yang bisa mencapai kesuksesan ini sendiri. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh anggota DWP Kota Ternate yang selalu setia berjuang, bekerja keras, dan berkolaborasi untuk mencapai cita-cita bersama.

Hari ini, mari kita sambut masa depan dengan semangat penuh optimisme dan tekad yang tak tergoyahkan. Mari kita terus menjaga kebersamaan ini, terus menginspirasi satu sama lain, dan terus menjadi pilar kebaikan bagi masyarakat Kota Ternate.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota DWP Kota Ternate yang telah berperan aktif dan memberikan kontribusi nyata dalam setiap kegiatan dan program yang telah dilaksanakan. Semoga semangat ini terus berkobar dan menginspirasi kita semua untuk terus bersatu, berkarya, dan memberikan yang terbaik bagi Kota Ternate,”tutup Wali Kota. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: