ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Tahapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, di Kota Ternate, Maluku Utara berakhir di Musrenbang tingkat Kecamatan Pulau Batang Dua Rabu, (28/2/2024).

Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua merupakan tahapan Musrenbang tingkat Kecamatan yang terakhir, yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly dan dihadiri Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Taufik Jauhar, dan sejumlah kepala SKPD lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly menyampaikan, Musrenbang Kecamatan Batang Dua ini, merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate di wilayah Kecamatan Batang Dua, yang dikoordinasikan oleh Bappelitbangda Kota Ternate dan dilaksanakan oleh Camat Batang Dua.

“Sehingga, hasil musrenbang kecamatan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah tahun perencanaan 2025,”ucap Rizal saat membacakan Sambutan Wali Kota Ternate.

Sekda juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Musrenbang Kelurahan yang telah dilaksanakan, dengan peran aktif masyarakat di tingkat Kelurahan pada wilayah Kecamatan Batang Dua, lalu menghasilkan 95 Daftar Usulan.

“Diantaranya Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, sebanyak 18 usulan, Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah sebanyak 49 usulan, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia sebanyak 28 usulan. Yang nantinya akan dirumuskan bersama dalam Musrenbang Kecamatan ini untuk dimasukkan ke dalam prioritas usulan Kecamatan Batang Dua,”ungkapnya.

Selain itu, kata Sekda, berbagai Program Andalan yang menjadi komitmen, dimaksudkan untuk mendukung capaian Program Pembangunan Daerah melalui 14 Program Prioritas, seperti Penanganan Sampah Perkotaan Berbasis Partisipatif Masyarakat, Konservasi Sumber Daya Air, Pemberian Bantuan Pemberdayaan Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Dukungan Pemerataan Pembangunan melalui Peduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti), akan kita realisasikan pada Tahun 2024 ini.

“Karena esensi dari semua kebijakan program yang terakomodir dalam RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah, adalah implementasi Visi dan Misi “Ternate Andalan”, yaitu Mewujudkan Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan. Dan dalam pelaksanaan Musrenbang, akan bermuara pada upaya mewujudkan sasaran, tujuan, target dan indikator ketercapaian visi dan misi tersebut agar lebih optimal pelaksanaannya, sehingga diperlukan arah kebijakan dalam mensinergikan kebijakan program dalam RPJMD Kota Ternate di setiap tahunnya,”tambah Sekda. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: