ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Ternate, Muhammad Gazali Kasim mengatakan, sejumlah proyek sudah selesai dilelang dan itu sudah 90 persen yang melekat di dalam APBD Induk tahun anggaran 2023.

Menurut Gazali, untuk proyek pekerjaan yang sudah selesai dilelang, seperti pekerjaan lanjutan Kantor Dinas sosial, kantor perlindungan anak, jembatan dan jalan di batang dua sudah selesai. Kemudian ada juga proyek pekerjaan taman Nukila, taman Falajawa, termasuk pekerjaan lanjutan penataan perindustrian kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah dengan nilai kontrak sebesar Rp.1.641.476.567, 63 melalui APBD Induk tahun 2023.

“Sementara yang belum atau proses lelang seperti di Dinas Perindag dan dinas Pendidikan, kemudian pekerjaan jalan dan fasilitas pendukung menuju holl Kelurahan Sulamadaha yang juga proses dielang yang melekat di dinas PUPR,”katanya saat diwawancarai Terbitmalut.com Kamis, (12/10/2023).

Hal ini juga mengigat waktu, lanjut Gazali, jangan sampai berdampak pada pelaksanaan kegiatan dan jika secara perhitungan PPK nya bisa capai target pada saat pelaksanaan diakhir tahun 2023. Maka kita di bagian ULP tetap menjalankan sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan.

“Sehingga bukan berarti ULP menghambat, tapi ini dilakukan sesuai dengan aturan. Karena riskan juga jika, rekanan atau pihak ketiga kerja lalu tidak capai target,”ungkapnya.

Walaupun, Kabag menambahkan,  pembayarannya sesuai realisasi dan tidak merugikan daerah, hanya saja kontraktor yang bertanda tangan sesuai tanggal kontraknya, lalu  misalnya dia putus kontrak pekerjannya, yang rugi ada di kontraktor.

“Hanya saja kita berharap semuanya tetap jalan, dan apa yang dilakukan oleh ULP kita sampaikan ke Wali Kota,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: