TERNATE, TERBITMALUT.COM Mewakili Walikota Ternate, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Pengenalan Geopark di Provinsi Maluku Utara” untuk masyarakat yang berlangsung di Hotel Sahid Bela Ternate. Senin (15/5/2023).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM-RI) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara.

Diklat tersebut  berlangsung selama 4 (empat) hari terhitung sejak tanggal 15 hingga 18 Mei 2023 yang diikuti oleh sejumlah komunitas lokal yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Komunitas Lingkar Destinasi, Ternate Geopark Youth Forum, dan Ternate Creative Space.

Widya Iswara (WI) Madya Kementerian ESDM. Dr. Nendi Rohaendi,  mengatakan, bahwa diklat ini memiliki tujuan utama yakni mengenalkan, mengedukasi, serta memaparkan manfaat mengenai geopark ke masyarakat.

“Maka ada 3 tujuan utama diklat ini kita laksanakan, yang pertama, kita mengenalkan geopark ke masyarakat, yang kedua mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya pengelolaan lingkungan atau konservasi, serta yang ketiga mengenalkan manfaat keekonomian dari geopark, tentunya dalam hal ini ekonomi yang berkelanjutan,”kata Nendi

Menurut Nendi, dengan adanya diklat ini geopark bisa diterima masyarakat sebagai bagian dari pengembangan atau konservasi untuk geologi.

“Harapannya ketika alam terjaga dan bermanfaat secara ekonomi, peserta disini bisa memberikan kontribusi yang aktif dalam pengembangan geopark, salah satunya mereka mampu mengembangkan geoproduk yakni produk-produk dari geopark yang bisa dimanfaatkan sebagai produk baru seperti souvenir,”pintanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Wali Kota Ternate Bidang Geologi, Deddy Arif, menjelaskan bahwa diklat ini adalah langkah paling utama dalam Ternate menuju Geopark Nasional dan visitasi terkait dengan warisan geologi.

“Peserta yang hadir ini merupakan teman-teman yang ada di lingkar destinasi, terutama komunitas lokal ada Pokdarwis, Komunitas Lingkar Destinasi, Ternate Geopark Youth Forum dan Ternate Creative Space yang akan dilaksanakan 15 sampai 18 Mei 2023,”ungkap Deddy.

Deddy berharap setelah kegiatan ini, para peserta dapat menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah dan Badan Pengelola Geopark tentunya untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat di lingkar destinasi bahwa Ternate hari ini punya potensi selain Kota Pusaka, selain Kota Rempah, kita juga menuju Geopark Nasional. (SL/TM)

Bagikan: