ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Senin (29/5/2023), melepaskan 276 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Ternate ke tanah suci pada musim haji 1444 H /2023 M dilangsungkan di gedung Dhuafa Center Ternate.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, Ibadah haji adalah ibadah yang memiliki tingkat keunikan dan spesifikasi tersendiri bila dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya.

Hal ini karena ibadah tersebut selain diikat oleh waktu tertentu juga pada tempat yang tertentu pula sehingga membutuhkan informasi dan tamu yang pengetahuan baik yang berkaitan dengan aspek hukum maupun yang berkaitan dengan perjalanan, pondokan maupun kondisi daerah tempat pelaksanaan ibadah tersebut.

“Untuk itu diharapkan para tamu Allah memiliki wawasan komprehensif tentang perhajian, baik fiqih haji, aturan perjalanan, akhlak dalam berhaji juga yang tidak kalah penting adalah ta’limatul haj, yakni ketentuan-ketentuan haji yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi, yang pada gilirannya akan menghasilkan para hujjaj yang memperoleh gelar kemabruran sebagai idaman dan harapan para tamu Allah,”kata Tauhid.

Menurut Tauhid, salah satu indikator kemabruran haji adalah sejauh mana jamaah calon haji memiliki pengetahuan perhajian sehingga para hujjaj semakin nyaman dalam menunaikan ibadahnya juga dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah haji sesuai hukum dan syariah islam.

Untuk itu, informasi tentang perhajian yang selalu berubah sistemnya, juga dimaksudkan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan syariah.

“Dan ini juga merupakan pertemuan sesama calon Jamaah Haji Kota Ternate untuk merajuk kekompakan dan kebersamaan dalam satu regu, kelompok maupun rombongan yang pada gilirannya sangat membantu sesama jama’ah untuk memiliki kepedulian terhadap sesama selama perjalanan maupun berada di tanah suci,”ucapnya.

Sesuai amanat UU No. 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, serta visi Kota Ternate “Ternate Andalan” dimana salah satunya menjadikan Ternate yang agamais, maka pelayanan terhadap jamaah calon haji semakin ditingkatkan dari tahun ketahun.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kami mengharapkan kepada para jamaah calon haji Kota Ternate agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Pertama, kiranya para jamaah calon haji senantiasa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan iman dan taqwa serta selalu melakukan diskusi dengan para pembimbing dan pendamping haji guna mendapatkan informasi dan pengetahuan sekaligus peningkatan kualitas ibadah haji.

Kedua, jadikan ini untuk saling kenal lebih dekat siapa yang bakal menjadi teman sahabat dalam perjalanan yang memungkinkan akan terjadi kekompakan dan kebersamaan selama dalam perjalanan maupun ketika berada di tanah

suci, sehingga akan menjadi duta bangsa yang bermartabat dan berakhlakul karimah dimata jama’ah daerah dan negara lain selama berada di tanah suci.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepala Kantor Kementerian Agama selaku penanggungjawab pelaksanaan teknis Ibadah haji. Dan juga terima kasih kepada para jamaah calon haji saya ucapkan selamat semoga senantiasa dalam lindungan dan ridha Allah SWT sampai kembali ke Kota Ternate yang kita cintai ini,”pintanya. (SL/TM) 

Bagikan: