ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Prof DR (H.C) Maruf Amin dan Ibu Hj Wury Maruf Amin berkunjung ke Provinsi Maluku Utara dalam rangka memenuhi sejumlah undangan di kota Ternate dan di Kota Tidore Kepulauan.

Demikian disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba usai mengikuti gladi resik persiapan pengukuhan pengurus Komite Daerah dan Ekonomi SyariahKomite Daerah dan Ekonomi Syariah (KDEKS) Malut di Ballroom Hotel Sahid Bella, Ternate, Rabu (10/5/2023).

Rahwan mengatakan, kunjungan Wapres RI akan diawali dengan mengukuhkan Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba sebagai Ketua Komite Daerah dan Ekonomi Syariah (KDEKS).

Diketahui, ada enam tugas dan fungsi yang harus dilakukan KDEKS Malut yakni membentuk pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Maluku Utara dengan susunan keanggotaan dan tugas anggota komite, mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi daerah di Provinsi Maluku Utara.

Selanjutnya, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan fungsi pemberian rekomendasi arah kebijakan dan program strategis pembangunan Daerah di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Selain itu, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas penyusunan dan pelaksanaan kebijakan dan program strategis ekonomi dan keuangan syariah di daerah, merumuskan dan pemberian rekomendasi penyelesaian masalah di sektor ekonomi dan keuangan syariah di daerah dan memantau dan mengevaluasi pelaksanaan arah kebijakan dan program strategis di sektor ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

“Oleh karena itu, untuk kelancaran dan efektivitas pelaksanaan program kegiatan pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Daerah, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Maluku Utara dapat berkoordinasi dengan Perangkat Daerah/Instansi terkait, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah,” tutur Rahwan.

Saat ini katanya, semua pengurus KDEKS Maluku Utara telah melakukan Gladi resik dan rencananya akan dilantik oleh Plt Direktur Eksekutif KNEKS Dr Taufik Hidayat, MEc dan disaksikan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia.(Red/Adpim) 

Bagikan: