ads
ads
ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM Memasuki hari kedua rangkaian kunjungan kerjanya di Bumi Moloku Kie Raha, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas akan berlayar menggunakan KRI Dorang-874 dari Ternate menuju Kota Tidore.

Pukul 09.25 WIT Wapres tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate disambut oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda Agus Hariadi, Danlanal Ternate Kolonel Marinir Ridwan Azis, dan Komandan KRI Dorang Mayor Laut (P) Ardita Yudha Prawira.

Usai serangkaian prosesi, yaitu Jajar Kehormatan Angkatan Laut, pelepasan jangkar dilakukan sebagai penanda persiapan kapal berlayar.

Setelah menempuh perjalanan selama 40 menit, Wapres tiba di Pelabuhan Trikora Tidore disambut oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim beserta Ibu Safia Ali Ibrahim dan Plt. Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Mochtar Djumati. Kedatangan Wapres di Kota Tidore Kepulauan disambut dengan adat Joko Hale atau Injak Tanah.

Tradisi adat Joko Hale atau Injak tanah ini merupakan penyambutan bagi tamu kehormatan yang baru menginjakkan kaki di Tidore oleh Bobato Adat Kesultanan Tidore. Joko Hale berasal dari bahasa Tidore, yaitu Joko berarti menginjak dan Hale artinya tanah.

Setibanya di Tidore, Wapres menuju Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Jl. Sultan Mansyur No.1 Kota Tidore Kepulauan untuk menghadiri Seminar Nasional Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia.

Selanjutnya, Wapres juga akan menerima Penganugerahan Gelar Adat dari Kesultanan Tidore di Kedaton Kesultanan Tidore, Soa Sio, Kota Tidore Kepulauan.

Usai rangkaian kegiatan di Tidore, Wapres dijadwalkan kembali berlayar menuju Ternate menggunakan KRI-874 untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja.

Sumber : Wapresri.go.id 

Bagikan: