ads
ads
ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 terus dibahas, kali ini Pemerintah Daerah bersama Direktorat Jenderal Perhubungan darat, Kementerian Perhubungan RI membahas terkait dengan Rundown kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023, yang dipimpin oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh, secara virtual.

Rapat tersebut diikuti oleh para Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota dan para pimpinan OPD terkait secara virtual, di ruang Rapat Walikota, Selasa (26/9/2023) kemarin.

Di tempat yang berbeda juga, sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo juga mengikuti rapat tersebut secara virtual.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pembahasan kick off Hari Nusantara Tahun 2023 kemarin, sehingga berbagai kegiatan harus dibahas agar dapat memberikan kegiatan yang jelas dilaksanakan pada saat hari Nusantara mendatang.

“Ini perlu kita bahas bersama dengan pemerintah Daerah agar kegiatan apa saja yang perlu dilaksanakan sehingga kami pemerintah pusat dalam hal ini Kemenhub bisa berkoordinasi dengan kementerian/lembaga yang menjadi tanggung jawab di setiap kegiatan, agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan sukses,”kata Amirulloh seperti rilis diterima.

Amirulloh menambahkan, untuk hari nusantara nanti perlu dipromosikan mulai sekarang sehingga masyarakat Maluku Utara maupun diluar maluku utara bisa mengetahui tentang Hari Nusantara Tahun 2023 ini.

” Karena pada prinsipnya kami Perhubungan siap mensupport secara maksimal agar hari nusantara dapat berjalan dengan sukses dan lancar,”terangnya.

Dikatakannya, kegiatan hari nusantara ini salah satunya adalah pameran, sehingga nantinya kami akan berkoordinasi dengan BUMN, dan Kementerian/Lembaga dapat mengisi booth pameran tersebut.

“Namun tidak membedakan pameran lokal maupun nasional, namun pameran itu adalah pameran Nusantara,”tambahnya.

Sementara, Perwakilan dari Direktorat Angkutan jalan, Alex mengatakan, dalam mendukung hari nusantara untuk pemasangan PJO, sudah dilakukan koordinasi secara internal dengan teman-teman bangdar terkait kebutuhan anggaran serta usulan sudah disampaikan.

“Insya Allah di akhir November mendatang target kami Kota Tidore sudah akan terang, baik yang pemasangan lampu baru maupun yang sifatnya perawatan,”kata Alex

Menanggapi yang disampaikan sis ditjen Hubdat terkait promosi, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sudah terus melakukan promosi kepada kepada seluruh masyarakat bahwa akan digelar hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore.

“Kami pemda Kota Tidore sudah terus melakukan promosi baik di setiap kegiatan pemda yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Namun kami berharap agar promosi yang ada di Kota Ternate adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi Maluku Utara, seperti yang pernah dilakukan saat sail Tidore kemarin,”ucap Ismail

Hal yang sama juga disampaikan Staf Ahli Wali Kota Tikep, Yakub Husain bahwa, kegiatan hari nusantara ini dilakukan selama tiga hari dengan berbagai kegiatan, namun Pemerintah daerah sangat membutuhkan support baik pembangunan infrastruktur mount pembangunan lainnya dari Pemerintah pusat untuk mensukseskan hajatan nasional yakni Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore pada Desember mendatang.

Kami mohon dukungan agar kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Dan karena hari nusantara nanti akan digelar pada hari Minggu, Selasa dan acara puncaknya dilaksanakan pada hari Rabu.

“Hanya saja, di hari Senin kita akan mengisi acara pameran nusantara baik lokal maupun nasional yang menampilkan produk-produk unggulan pada pameran tersebut, dihari yang sama akan dilakukan kegiatan donor darah oleh TNI AL yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan maupun rumah sakit daerah Kota Tidore,”tambahnya. (**)

Penulis : Hartini 

Editor : Sukur 

Bagikan: