ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dokumalamo secara resmi buka rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kewirausahaan Pemuda yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan.

Rapat Koordinasi itu, bertemakan “Pemuda Tangguh Wirausaha Maju, yang dipusatkan di Penginapan Bongenvil Kelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan, Senin (4/3/2024).

Sekda, Ismail Dokumalamo menyampaikan, tantangan terbesar dalam pembangunan jangka Panjang suatu daerah adalah sumber daya manusianya, dapat dilihat dari produktivitas tenaga kerja yang dimiliki, rasio kewirausahaan yang masih rendah dan juga tingkat pengangguran yang semakin tinggi karena kurang adanya lapangan pekerjaan.

“Persoalan inilah yang harus diselesaikan dengan adanya sinergitas antara stakeholder terkait sebagai bentuk dukungan untuk menghadapi perkembangan ekonomi Indonesia ke depan,”ucapnya.

Untuk itulah, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di bawah kepemimpinan Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sudah menjabar dalam misi yakni penguatan sumber daya manusia dan sosial budaya.

“Oleh karena itu kita harus menjawab tantangan pembangunan jangka Panjang dengan melakukan penguatan peran pemuda sebagai potensi dan penerus masa depan,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore ini juga menambahkan rapar koordinasi ini untuk memikirkan program-program yang tepat sasaran kepada pemuda sekaligus untuk menyasar pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekspresi, pelatihan UMKM dan pengembangan kewirausahaan pada pemuda yang akan menjadi sangat strategis sebagai pendorong untuk pertumbuhan ekonomi Kota Tidore Kepulauan.

“Saya pun berharap agar peserta kegiatan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan dapat memberi masukan yang membangun karena hal tersebut sangat penting,”harap Sekda.

Sementara Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepualuan, Stella N Mamole dalam laporannnya mengatakan, rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kepemudaan dan Kewirausahaan bertujuan meningkatkan motivasi para Pemuda-pemudi di Kota Tidore Kepulauan.

“Untuk terjun di dunia wirausaha dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dari berbagai aspek serta perluasan usaha sekaligus untuk menguatkan kapasitas pemuda dalam rangka memperkuat perekonomian daerah,”bebernya.

Rapat koordinasi itu, dilaksanakan selama dua hari yakni Senin- Selasa (4-5/3/2024), peserta terdiri dari 23 Wirausaha Muda yang berada di wilayah Kota Tidore Kepulauan dan kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tidore Kepulauan tahun 2024.

Turut Hadir pada Pembukaan Rakor tersebut, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinas PTSP, Kabid dari Dinas Perindagkop, dan Perwakilan dari Bappelitbangda Kota Tidore Kepulauan. (**)

Penulis : Hartini 

Editor : Sukur 

Bagikan: