ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate Minggu (21/1/2024) merilis potensi terjadi tinggi gelombang di jalur pelayaran wilayah Maluku Utara berlaku pada tanggal 21-22 Januari 2024.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Dinda Afifah menyampaikan, agar masyarakat Maluku Utara mewaspadai potensi peningkatan gelombang akibat cuaca buruk yang terjadi di jalur pelayaran pada pagi dan sore hari.

Menurutnya, ada beberapa wilayah jalur pelayaran  yang akan terjadi tinggi gelombang hingga 2,5-3,0 meter. Wilayah yang dimaksud adalah Jalur pelayaran Ternate-Bitung 0,5-3,0 meter dengan cuaca hujan sedang, Jalur pelayaran Ternate-Bitung 0,5-3,0 meter dengan cuaca hujan sedang, Jalur Pelayaran Bacan-Obi-Sanana 0,25-2,5 meter dengan keadaan cuaca ringan dan jalur pelayaran Patani-Pulau Gebe, dengan ketinggian gelombang 0,75-3,0 meter dengan kondisi cuaca hujan petir.

Sumber: BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate

“Kemudian ada jalur pelayaran Maba-Buli dengan ketinggian gelombang mencapai 0,25-2,5 meter dengan keadaan cuaca ringan, Ternate-Loloda tinggi gelombang mencapai 0,5-3,0 meter dengan keadaan cuaca sedang, Ternate-Hiri tinggi gelombang mencapai 0,25-2,5 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang dan jalur pelayaran Sanana-Bobong tinggi gelombang mencapai 0,25-2,5 meter dengan kondisi cuaca berawan,”ungkapnya.

Selanjutnya, jalur pelayaran Bacan-Saketa tinggi gelombang mencapai 0,5-1,0 dengan kondisi cuaca hujan ringan, Tobelo-Subaim tinggi gelombang mencapai 02,5-2,5 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang, Weda-Patani tinggi gelombang mencapai 0,25-1,5 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang, jalur pelayaran Dufa-dufa-Jailolo tinggi gelombang mencapai 0,5-2,0 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang dan jalur pelayaran Tobelo-Morotai tinggi gelombang mencapai 0,5-2,0 meter dengan kondisi cuaca hujan petir.

“Jalur pelayaran Ternate-Tidore tinggi gelombang mencapai 0,5-1,5 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang, Ternate-Sidangoli tinggi gelombang mencapai 0,5-2,0 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang, Ternate-Sofifi-Dowora 0,5-1,5 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang, Ternate-Moti tinggi gelombang mencapai 0,5-2,0 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang dan jalur pelayaran Ternate-Kayoa-Makian-Babang tinggi gelombang mencapai 0,25-1,25 meter dengan kondisi cuaca hujan sedang,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: