ads
ads
ads
ads

LABUHA TERBITMALU.COM — Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), cepat tanggap dengan mengirimkan bantuan ke 43 kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana banjir di Desa Panamboang, Kecamatan Bacan Selatan pada Rabu (12/7/2023).

Sebelumnya, data yang diterima Terbitmalut.com dari BPBD Halsel dalam kronologis kejadian akibat hujan lebat yang melanda kawasan tersebut, sejak pukul 14.00 WIT sehingga menyebabkan luapan air sungai pada pukul 15.00 WIT.

Diketahui juga, lokasi perumahan terdampak banjir berada di zona rawan bencana karena tepat di samping sungai dengan kondisi bangunan rumah yang hampir rata dengan dasar sungai. Banjir mulai surut pada pukul 16.00 WIT setelah warga membongkar paksa swering pantai.

Dampaknya, terdapat 43 kepala keluarga (KK) yang dievakuasi dari RT 07. 39 kepala keluarga (KK) dan RT 08. 4 kepala keluarga (KK) dan kerugian akibat bencana ini ditaksir puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel, M. Ichwan Iskandar Alam saat dikonfirmasi terbitmalut.com via whatsapp mengatakan bantuan telah dikirim dan diterima di lokasi bencana (desa Panamboang)

“BPBD bekerjasama dengan Basarnas, Dinsos, Koramil 01 Bacan, Pramuka Tanggap Bencana dan Pemdes Panamboang telah membagikan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir,” katanya.

Penyaluran bantuan awal tanggap Bencana dari Pramuka, yakni aqua 5 dus, BPBD Halsel yakni beras 10 kg 44 sak, mie instan 44 dus, gula pasir 88 kg, kopi 44 pak, sariwangi 88 kotak dan minyak goreng bimoli 44 liter. Dan Dinas Sosial bantuan yang diberikan seperti, matras 39 unit, selimut 45 buah, paket sandang 36 paket dan family kit 43 paket.

Ichwan juga mengatakan,  kejadian bencana banjir juga melanda Desa Tawa Kecamatan Bacan Timur Tengah pada Selasa, (11/7/23) kemarin dan telah diinvestigasi terdapat 24 kepala keluarga (KK) desa Tawa terdampak Bencana Banjir.

“Hari selasa banjir di desa Tawa Kecamatan Bacan Timur Tengah, yang di investigasi terdapat 24 kepala keluarga terdampak banjir bandang,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam bencana banjir yang melanda Desa Tawa tersebut tidak ada korban jiwa, dan besok pagi pada Kamis (13/07/23) akan dikirimkan bantuan ke warga yang terdampak di desa Tawa Kecamatan Bacan Timur Tengah.

“Untuk korban jiwa tidak ada alias nihil, dan untuk bantuan kesana (desa Tawa) akan kirimkan besok pagi. Dan saya mengingatkan agar warga tetap waspada jika banjir kembali terjadi, dan juga agar tetap mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman,” tambahnya. (**)

Penulis : Zrikun

Editor : Redaksi

Bagikan: