ads
ads
ads
ads

TOBELO, TERBITMALUT.COM — Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Halmahera Utara, Muchlis Tapi Tapi secara resmi lepas keberangkatan 100 Calon Haji Jamaah (CJH) asal kabupaten Halmahera Utara di halaman kantor bupati, Jumat (17/05/2024).

Pelaksanaan kegiatan Pelepasan Calon Haji Jamaah (CJH) yang berjumlah 100 orang ini, dihadiri, Forkopimda Halut, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Halmahera Utara, termasuk ratusan keluarga calon jamaah haji.

Wakil Bupati, Muchlis Tapi Tapi, dalam sambutannya menyampaikan, agar seluruh jamaah dapat menjaga kesehatan dengan baik, serta melapangkan hati selama menjalani Ibadah Haji nanti.

“Informasi kondisi di Madinah saat ini cuaca cukup panas, suhu di tanah suci mencapai 40 derajat. Diharapkan jamaah bisa mempersiapkan diri, selalu minum air untuk mencegah dehidrasi,”ucapnya.

Politisi partai NasDem ini, berharap calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu, mentaati aturan, petunjuk dan arahan dari petugas haji.

Tak lupa Wabup juga meminta calon jamaah haji dapat memanjatkan doa untuk daerah Halmahera Utara agar selalu mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

“Dengan iringan doa, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, melepaskan 100 calon jemaah haji semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan dari Allah SWT serta mendapat predikat haji mabrur,”terangnya.

Sebelumnya, panitia Haji, Lutfi Bakence melaporkan untuk Calon jamaah haji Halmahera Utara ini mendapatkan kuota seperti tahun sebelum yakni 96 orang, namun ada penambahan kuota 4 orang jadi total CJH Halmahera Utara 100 orang.

”Jadi calon jamaah haji yang berangkat sebanyak 100 orang yang terdiri 63 laki-laki, dan 37 calon jamaah haji perempuan, sementara calon jamaah usia tertua atas nama La Ali 84 tahun kecamatan Tobelo sedangkan jamaah usia termuda atas nama Nurlaela 36 tahun asal Desa Rawajaya Tobelo,”jelasnya.

Keberangkatan kloter 11 diwarnai isak tangis keluarga pengantar. Tangis haru pecah saat calon jamaah haji satu per satu mulai memasuki mobil yang akan mengantar mereka ke Sofifi. Banyak dari pengantar memeluk erat anggota keluarga sambil berurai air mata.

Para calon jamaah haji ini, rencana makan siang dan shalat jum’at dilakukan di kecamatan Malifut, setelah itu baru dilanjutkan perjalanan ke Sofifi menuju asrama haji Ternate. Kemudian bertolak ke embarkasi Makassar pada tanggal 19 Mei 2024 lusa dan berangkat ke Jeddah tanggal 20 Mei 2024. (**)

Penulis : Nawir

Editor : Sukur

Bagikan: