ads
ads
ads
ads

JAKARTA — Kelompok relawan Komunitas Jokpro 2024 yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode resmi dibubarkan pada Kamis (25/5/2023) ini.

Sekjen Komunitas Jokpro 2023 Timothy Ivan Triyono mengatakan pembubaran dilakukan setelah PDIP resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

“Dengan berat hati, kami memutuskan menyatakan Komunitas Jokpro 2024 dibubarkan beserta segala akibatnya,” kata Ivan dalam keterangan tertulis, Kamis.

Menurutnya, Jokowi tiga periode hanya bisa dilakukan lewat amendemen UUD 1945. Langkah itu bisa dilakukan jika ada dukungan yang cukup di parlemen.

Pada saat yang sama, PDIP yang menjadi pemilik suara terbesar di DPR sudah menentukan capres mereka. Timothy melihat tak ada lagi kesempatan mengamandemen konstitusi.

“Pencalonan Bapak H. Ganjar Pranowo sebagai calon presiden oleh PDIP, maka kami menganggap perjuangan ide/gagasan presiden tiga periode pada 2024 ini peluangnya sangat kecil,” ujarnya.

Baca Juga : https://www.terbitmalut.com/nasional/pdip-jagokan-ganjar-pranowo-capres-2024

Timothy juga menyampaikan terima kasih kepada anggota Komunitas Jokpro 2024 di berbagai daerah. Ia berharap silaturahmi tetap bisa terjalin meski gerakan ini sudah dibubarkan.

Wacana Jokowi menjabat sebagai presiden selama tiga periode santer terdengar jelang Pemilu 2024. Jokowi telah berulang kali menegaskan dirinya taat konstitusi.

Namun, dia juga mengatakan siapa saja berhak menyuarakan wacana jabatan tiga periode. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari kebebasan demokrasi.

Sumber : cnnindonesia.com 

Bagikan: