Menu

Mode Gelap

Ternate · 13 Jul 2023 05:05 WIT ·

Baju Adat Ternate digunakan Pada Saat Karnaval dan Pawai Budaya APEKSI di Kota Makassar


 Baju Adat Ternate digunakan Pada Saat Karnaval dan Pawai Budaya APEKSI di Kota Makassar Perbesar

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara sukses menghibur masyarakat Kota Makassar pada Karnaval dan Pawai Budaya dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan Rabu malam, (12/7/2023).

Tim Karnaval dan Pawai Budaya ini berjumlah puluhan peserta yang terdiri dari sejumlah kepala Dinas dan camat serta pegawai di lingkup pemerintah Kota. Mereka mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kota Makassar.

Rombongan dengan slogan “Suba Jou/Jou Suba”, ini mengenakan pakaian putih khas yang menggambarkan ciri khas kota Ternate sebagai kota kerajaan serta dilengkapi dengan tuala lipa.

Decak kagum dan riuhnya tepuk tangan masyarakat Kota Makassar pecah saat peserta Karnaval dan Pawai Budaya Kota Ternate melintasi panggung utama. Pasalnya para peserta ini memberikan warna baru pada kegiatan yang menjadi agenda tahunan berkumpulnya seluruh Wali Kota se-Indonesia itu.

Koordinator Perwakilan Rakernas Apeksi VIX Makassar, Mochtar Hasim menyampaikan kehadiran rombongan tim karnaval dan pawai budaya ini telah disiapkan pemerintah kota dalam agenda Apeksi ini

“Kita ingin tampilkan yang terbaik di Makassar, sekaligus memperkenalkan ciri khas kota rempah di seluruh tamu yang hadir pada Rakernas apeksi ini, sebab September mendatang ada sarasehan istri Wali Kota se-Indonesia, jadi branding kota rempah harus tetap digaungkan,” jelasnya.

Sementara Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) Bima Arya menegaskan, kegiatan Rakernas Apeksi telah menjadi agenda tahunan bagi seluruh Wali Kota se-Indonesia bersama dengan rombongan.

“Jadi agenda Apeksi ini dilakukan satu tahun sekali. Dalam satu tahun sekali itu seluruh wali kota berkumpul, meninggalkan tugasnya di daerah kemudian membawa rombongan dan mengikuti Rakernas Apeksi. Dan momen itu ada di Makassar hari ini,”kata Bima.

Menurutnya, ada beberapa poin yang ditemukan pada saat seluruh wali kota se-Indonesia berkumpul yakni kebahagiaan, hiburan, menyaksikan ekspresi seni dan menikmati wisata kuliner,” jelasnya.

Bima mengaku, keistimewaan dari kegiatan Rakernas Apeksi ini adalah mempersatukan seluruh pemerintah kota di setiap daerah.

“Insya Allah mempersatukan, karena di sini ada warna merah, orange, biru, putih dan hijau. Semua warna itu berkumpul di sini, semua suku dan ciri khas daerah masing-masing telah terlihat disini. Wali Kota dalam kegiatan ini ibarat sultan dan raja di seluruh Nusantara,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate