ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate kembali berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2023 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara pada Rabu, (29/5/2024).

Opini WTP untuk Kota Ternate yang sudah ketiga kalinya secara berturut-turut dibawah kepemimpinan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman itu, diserahkan langsung Kepala BPK Perwakilan Maluku Utara, Marius Sirumapea kepada Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly didampingi Ketua DPRD Kota Ternate.

Dalam catatan BPK-RI Perwakilan Malut, opini WTP yang diterima Pemkot Ternate tahun 2023 merupakan WTP yang ke-10 kali sejak tahun 2014.

Untuk itu, Sekda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyampaikan, Pemerintah Kota Ternate kembali meraih predikat WTP atas LHP Keuangan Pemerintah Kota Ternate tahun anggaran 2023 dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara.

Menurut Rizal, raihan WTP untuk pengelolaan keuangan Pemkot Ternate tahun 2023, merupakan tahun ke-10 secara berturut-turut sejak tahun 2014. Walaupun Pemkot Ternate berhasil meraih predikat WTP, namun ada sejumlah catatan dari BPK diantaranya, retribusi pasar, kelebihan pembayaran maupun volume yang masih kurang.

“Catatan yang diberikan BPK RI Perwakilan Malut, Pemkot sudah melakukan perbaikan dan penyelesaian, sebab namanya pemerintahan pastinya ada yang harus diperbaiki dalam tata kelola keuangan,”terangnya.

Meskipun kita meraih WTP, lanjut Rizal, tetapi paling tidak ini menambah spirit untuk mengelola APBD lebih tepat dan lebih berhati-hati. Untuk itu, sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) nantinya juga akan melakukan evaluasi, sehingga catatan yang diberikan tidak terulang di tahun berikutnya.

“Para pimpinan OPD selaku pengguna anggaran dan barang harus lebih ikhtiar untuk memantau seluruh aktivitas pengelolaan keuangan dan memperhatikan seluruh kualitas pekerjaan terutama kegiatan fisik,”harapnya.

Rizal pun menyampaikan, atas nama Wali Kota Ternate, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkot Ternate yang telah bekerja keras sehingga tahun ini Pemkot Ternate kembali meraih opini WTP.

“Atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD yang telah bekerja keras sehingga Ternate masih mempertahankan opini WTP ke-10 secara berturut-turut, ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kota Ternate,”ucapnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: