ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib bersama Kepala Bappelitbangda, Dr. Rizal Marsaoly dan Kepala Dinas Perhubungan, Mochtar Hasim meninjau pekerjaan lanjutan (segmen tiga) penataan perindustrian kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah, belakang Jatiland Mall Selasa, (10/10/2023). 

Usai melakukan peninjauan, Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib mengatakan, lanjutan (segmen tiga) penataan perindustrian kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah di belakang Jatiland Mall sudah mulai dikerjakan sejak 28 September 2023 dan progresnya capai 15 persen. 

Menurutnya, pekerjaan ini dilakukan sejak 28 September 2023 dengan kontrak selama 80 hari kalender atau 2 bulan lebih, yang dikerjakan oleh CV. Ifthi Anugrah dan nilai kontrak sebesar Rp.1.641.476.567, 63 melalui APBD Induk tahun 2023.

“Bukan berarti pekerjaan ini lambat, karena ada beberapa pekerjaan lain seperti lapak pedagang atau kios yang dikerjakan di luar lokasi dan insya allah di tanggal 15 sudah dibawa ke lokasi, untuk dilakukan pemasangan, karena bahannya dari kayu,”kata Kadis PUPR saat diwawancarai Terbitmalut.com bersama sejumlah awak media. 

Dikatakan Rus’an, setelah dilakukan peninjauan bersama Kepala Bappelitbangda ada beberapa hal yang dibahas, seperti penempatan anjungan yang sedikit diubah untuk mencari posisi view nya. 

“Karena desain awalnya itu menghadap ke Masjid Raya Al-Munawar, hanya saja ada saran dari Kepala Bappelitbangda agar ambil view laut dan itu akan kita segera redesain kembali. Hanya saja, kita tidak merubah volumenya, ukuran panjang 30 meter tetap sama,”ucapnya.

Maka insya allah, Rus’an menambahkan, di bulan Desember tahun 2023 pekerjaan lanjutan (segmen tiga) penataan perindustrian kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah, belakang Jatiland sudah selesai. 

“Karena memang pekerjaan tidak terlalu banyak, seperti pekerjaan anjungan sepanjang 30 meter, lapak pedagang dengan ukuran 3×7 m² ada 9 unit dengan kapasitas 18 pedagang, termasuk pekerjaan gerbang masuk,” ungkapnya. 

Sementara, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly menambahkan, saya pikir dengan adanya perubahan anjungan itu akan lebih estetik dan nyaman ketika pengunjung menempati di anjungan itu, karena memang view nya menghadap ke laut. 

“Anjungan nya itu hampir sama dengan taman Nukila, hanya saja struktur nya menggunakan beton dan kayu dilapisi dari atas. Sehingga ketika seluruh pekerjaan sudah selesai maka branding nya itu Kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah,” terangnya. 

Memang lanjut Rizal, ini adalah lokasi atau spot lama yang direvitalisasi kembali menjadikan dia sebagai kawasan Pusat Kuliner yang baru di Kota Ternate. 

“Jadi ini akan menjadi kawasan Kuliner yang higienis dan diatur layout nya,  yang memang awalnya pedagang itu berhadapan sekarang tidak lagi, tapi menghadap ke timur atau laut saat berjualan,”bebernya. 

Mantan Kadispar itu juga menyampaikan, jadi kawasan ini akan ada yang baru, barunya dimana, jalannya akan satu jalur untuk masuk ke Kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah. Dan tidak bisa balik lagi ikut jalan ini, karena kita akan atur dia untuk keluar di samping Mall Jatiland. 

“Karena pihak manajer Mall Jatiland sudah bersedia untuk bongkar pagar, untuk dijadikan jalur keluar untuk kendaraan bermotor atau mobil saat mereka berkunjung. Dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas,” tambahnya. (**) 

Penulis : Sukur 

Bagikan: