ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman pada Minggu, (10/9/2023) kemarin didampingi Kepala Dinas PUPR, Rus’an M. Nur Taib melakukan monitoring progres pekerjaan Dermaga Hiri, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, termasuk Pusat Kuliner Kota Rempah Belakang Jatiland Mall.

Kepala Dinas PUPR, Rus’an M. Nur Taib mengatakan, kemarin pak Wali Kota Ternate secara langsung monitoring progres pekerjaan Dermaga Hiri yang berada di Kelurahan Sulamadaha, terutama pemasangan tetrapod.

“Pada saat monitoring, Wali Kota meminta bahwa pekerjaan lanjutan dermaga Hiri agar jangan terlalu lama, karena masih ada pekerjaan lanjutan lainnya,”kata Rus’an Senin, (11/9/2023).

Menurutnya, lokasi dermaga, terdapat lahan warga yang harus dilakukan pembebasan, karena tempat tersebut ada lahan pemerintah dan warga.

“Karena kami juga berencana membangun fasilitas pendukung di seputaran dermaga. Insyaallah tahun depan kami akan bangun,”ucapnya.

Selain Dermaga Hiri, lanjut Rus’an, Wali Kota juga memantau tempat pembuangan akhir sampah di Kelurahan Takome. Dalam monitoring itu juga, Wali Kota instruksikan untuk membangun gedung workshop untuk mempelajari cara pengolahan sampah.

“Bukan saja gedung workshop, tahun depan, ada juga penambahan buldoser dan pagar. Sehingga, kita akan berupaya mendapat anggaran dari pusat untuk membangun sanitary landfill atau pengolahan sampah,”ungkapnya.

Kemudian, Rus’an menambahkan, setelah monitoring progres pekerjaan Dermaga Hiri dan TPA, Wali Kota juga monitoring pembangunan pusat kuliner kota rempah khususnya segmen satu dan dua.

Bahkan, Wali Kota meminta agar lokasi pembangunan Pusat Kuliner Kota Rempah yang berada di Belakang Jatiland Mall ditutup hingga diresmikan.

“Karena peresmian menunggu pekerjaan segmen tiga selesai. Pekerjaan tetap dilakukan tahun ini dengan jumlah anggaran Rp 1,7 Miliar. Saat ini, sudah masuk tahap lelang,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur

Bagikan: