ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dinas PUPR Kota Ternate pada Jumat, (8/9/2023) kemarin telah menyerahkan 6 unit kendaraan pengangkut sampah ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Ternate, terdiri dari 3 unit dump truck dan 3 unit mobil ambrol serta 13 unit kontainer.

Penyerahan ini dilakukan secara langsung oleh Kepala Dinas PUPR Rus’an M. Nur Taib kepada Kepala DLHK Kota Ternate Tony S. Pontoh.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib mengatakan, pihaknya pada pekan kemarin atau Jumat 8 September 2023 telah menyerahkan secara resmi 6 unit kendaraan pengangkut sampah dan 13 kontainer sampah.

” 13 unit kontainer sebagai tempat penampungan sampah yang nantinya diletakan DLH pada sejumlah tempat strategis yang ada di Kota Ternate. Sehingga total fasilitas sarana pendukung untuk sampah kurang lebih 19 unit, ini sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap peningkatan pelayanan persampahan di Kota Ternate,”katanya Senin, (11/9/2023).

Rus’an berharap, dengan dukungan armada yang telah diserahkan Dinas PUPR ke DLHK Kota Ternate ini dapat mengatasi jumlah volume sampah yang ada di Kota Ternate.

Armada Pengangkut Sampah Ternate Andalan. (Dok.Terbitmalut.com)

“Dengan penambahan armada ini, kami juga berharap dapat mempermudah dan mempercepat pengangkutan dan penanganan sampah di Kota Ternate khususnya di DLHK,”ucapnya.

Menurut Rus’an, pihaknya nantinya juga akan menyerahkan puluhan kendaraan roda tiga dan patrol sampah untuk difungsikan, dimana saat ini dalam tahap penyiapan kelengkapan.

“Kurang lebih ada 7 unit mobil patrol sampah dan 50 unit kendaraan roda tiga, kalau kendaraannya sudah ada di Ternate semua, namun masih dalam tahap pemasangan kelengkapan aksesorisnya, target kami sampai bulan Desember itu sudah selesai untuk diserahkan ke OPD terkait yang digunakan,”ungkapnya.

Dikatakan Rus’an, pihaknya pada tahun depan sesuai dengan arahan dari Wali Kota Ternate untuk penanganan masalah kebersihan, akan disiapkan fasilitas di tempat pembuangan akhir (TPA).

Sesuai arahan dari pak Wali Kota itu, untuk dibangun salah satu unit workshop untuk para pengumpul sampah yang ada di TPA Buku Deru Deru yang selama ini tidak ada tempat buat pemungut sampah ini untuk melakukan pemilahan sampah di TPA.

“Sehingga pak Wali meminta dibangun gedung workshopnya agar mereka ini bisa terkumpul dalam satu tempat. Selain itu kita diarahkan oleh pak Wali untuk pengadaan satu unit buldozer untuk membantu pengelolaan sampah di TPA, dan tahun depan kita anggarkan itu,”tambahnya.

Penulis : Sukur 

Bagikan: