Menu

Mode Gelap

Ternate · 19 Okt 2023 07:01 WIT ·

Gamhas Desak Perumda Ake Gaale Tuntaskan Masalah Air Bersih di 5 Kelurahan, Kota Ternate


 Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Wali Kota Ternate Kamis, (19/10/2023). Foto : Istimewa/Iksan Perbesar

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Wali Kota Ternate Kamis, (19/10/2023). Foto : Istimewa/Iksan

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Wali Kota Ternate Kamis, (19/10/2023).

Massa aksi pun meminta pemkot dan Perumda Ake Gaale segera menyelesaikan masalah air bersih di sejumlah kelurahan yang belum menikmati air.

Hanya saja, aksi yang dikoordinir oleh Baskara H. Abdullah itu, terjadi saling dorong antara massa aksi dengan anggota Satpol PP dan pihak kepolisian.

“Jangan dorong begitu pak. Kami hanya ingin sampaikan aspirasi masyarakat yang terus mengeluh soal air bersih,”teriak massa aksi.

Tidak sampai di situ, Satpol PP dan kepolisian pun membubarkan paksa hingga terjadi kejar-kejaran. Namun insiden tersebut tidak berlangsung lama.

“Kami hanya ingin menemui Wali Kota dan Direktur Perumda Ake Gaale untuk lakukan hearing terbuka di depan kantor ini,” tegas Baskara.

Baskara menyampaikan Kota Ternate mengalami satu masalah serius dalam hal kurangnya penyediaan air bersih. Sebab, krisis air bersih bukan baru terjadi saat ini, namun telah lama tapi belum bisa diselesaikan oleh Perumda Ake Gaale.

Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan paling mendasar. Selain masalah pelayanan air bersih yang kurang memuaskan, adapun penetapan jadwal air yang dianggap tidak sesuai keinginan masyarakat.

“Ada beberapa kelurahan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih akibat dari pendistribusian air yang tidak teratur,”ungkapnya.

Baskara mengaku, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh GAMHAS, terdapat sejumlah kelurahan yakni Foramadiahi (RT 01, 04, 05, 07, 08), Kalumata (RT 19), Kelurahan Tanah Tinggi Barat lingkungan Jerbus (RT 04, 05, 06), Kelurahan Sasa RT 01 dan Kelurahan Tubo puncak.

“Kami menilai, distribusi air oleh Perumda Ake Gaale tidak tepat sasaran. Misalnya di Kalumata, warga terpaksa harus menunggu hingga malam untuk menampung air. Kemudian, kelurahan Sasa, RT 01, dan Tubo puncak, sampai sejauh ini belum mendapatkan jalur (pipa) air oleh Perumda Ake Gaale,”terangnya.

“Sehingga, masyarakat harus membeli air profil dengan harga Rp 60.000 – 120.000 ribu per profil. Ini menyebabkan pengeluaran masyarakat makin bertambah, karena satu profil dengan harganya Rp 60.000 ribu dalam pemakaian untuk kebutuhan masyarakat hanya berkisar tiga hari dalam seminggu,”tambahnya.

Baskara lantas menambahkan, di tengah situasi yang sulit, Pemkot justru mementingkan pendistribusian air ke berbagai hotel-hotel besar. Artinya Pemkot mengabaikan nasib masyarakat di sejumlah kelurahan belum mendapatkan air bersih.

“Kami dengan tegas meminta agar Pemkot dan Perumda Ake Gaale untuk tuntaskan masalah air di sejumlah kelurahan. Kemudian , Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman harus mengevaluasi Direktur Perumda Ake Gaale,”pintanya. (**)

Penulis : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate