ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menghadiri secara langsung penilaian lomba 10 Program pokok PKK tingkat Provinsi Maluku Utara yang dipusatkan di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri, sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kota Ternate, para Camat dan Lurah di Kota Ternate, Ketua-Ketua TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan serta tim penilai dari TP-PKK Provinsi Maluku Utara.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, lomba 10 program pokok PKK memiliki peranan penting dalam mendorong partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan sosial dan ekonomi yang berkembang di daerah.

“Melalui lomba ini, kita diberi kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan program-program yang telah berhasil diimplementasikan di masing masing wilayah,”kata Tauhid.

Tauhid pun berkeyakinan, program-program pokok PKK telah memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.

“Melalui Lomba 10 Program Pokok PKK, kita dapat melihat berbagai inovasi dan kreatifitas yang telah dihasilkan oleh masyarakat dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman. Saya mengapresiasi upaya-upaya tersebut karena inovasi dan kreativitas merupakan kunci dalam menghadapi perubahan dan menciptakan masa depan yang lebih baik,”ungkapnya.

Selain itu, Tauhid menambahkan, lomba 10 Program Pokok PKK juga merupakan wadah untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak terkait dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi pelaksanaan program program PKK yang lebih efektif dan berkelanjutan.

“Semua pihak harus saling bahu-membahu dan mendukung serta berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kota Ternate, Maluku Utara,”tuturnya.

Sebagai Kepala Daerah, Wali Kota, merasa bahagia hadir pada acara penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Utara.

“Saya bangga melihat semangat dan dedikasi yang terus tumbuh dalam pelaksanaan program-program PKK di Kota Ternate,” tambahnya.

Tim Penggerak PKK Kota Ternate, lanjut Wali Kota terus bergerak secara massif dalam melaksanakan program mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup hingga sosial keagamaan.

“Setiap program yang telah digalakkan adalah bukti nyata bahwa kehadiran Tim Penggerak PKK Kota Ternate bukanlah sekedar kegiatan seremonial, melainkan sebuah gerakan nyata yang turut serta memperkuat fondasi kehidupan keluarga di Kota Ternate,”paparnya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Partai NasDem Kota Ternate itu juga menyampaikan apresiasi dan support kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Akehuda Kecamatan Ternate Utara yang mewakili Kota Ternate pada lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi.

“Acara ini merupakan momentum yang berharga bagi kita semua untuk mengevaluasi dan menghargai upaya serta dedikasi yang telah dilakukan oleh oleh seluruh pihak dalam pelaksanaan program program PKK,”cetusnya.

Wali Kota juga menyatakan, semangat dan pencapaian Tim Penggerak PKK Kelurahan Akehuda adalah bukti nyata dari komitmen untuk mengambil bagian dalam memajukan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kota Ternate.

“Saya percaya, dengan semangat gotong royong dan kerjasama yang terjalin, kita mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh keluarga dan masyarakat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara,”terangnya.

Di akhir sambutan Tauhid  berharap, penilaian ini dapat berjalan dengan lancar, adil dan objektif serta menjadi wadah kolaborasi dan inspirasi untuk menciptakan perubahan yang lebih baik di tingkat keluarga dan masyarakat di Kota Ternate khususnya, dan Maluku Utara secara umum.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Ternate, Ny. Marliza M Tauhid dalam sambutannya menyampaikan, TP-PkK Kota Ternate telah melaksanakan lomba 10 program PKK secara berjenjang hingga didapatkan pemenang yang benar-benar layak mewakili Kota Ternate pada lomba 10 program PKK tingkat Provinsi.

Menurutnya, pada tahun ini pelaksanaan lomba 10 program pokok PKK dilaksanakan oleh seluruh Kelurahan, sehingga diharapkan implementasi 10 program PKK tidak hanya menjadi mata lomba tetapi harus diwujudkan dalam bentuk nyata dan dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, Kelurahan Akehuda memiliki berbagai potensi dengan jumlah penduduk 4.262 jiwa yang terdiri dari 2.168 laki-laki dan 2.004 jiwa perempuan dengan jumlah KK 950 yang tersebar pada 5 lingkungan dan 5 RW.

“Dengan potensi yang dimiliki maka peranan perempuan di Kelurahan Akehuda dalam memberdayakan dan mensejahterakan sangat signifikan melalui pembentukan 49 Dasawisma yang tersebar di 11 RT,”ungkapnya.

Marliza  juga mengatakan, sejumlah kinerja dan capaian empat Pokja TP-PKK. Untuk itu saya menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kelurahan Akehuda, jajaran pemerintah Kelurahan Akehuda, TP-PKK Kelurahan Akehuda serta unsur terkait lainnya yang berperan dan berpartisipasi aktif dalam berbagai upaya pemberdayaan.

“Saya juga mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari Provinsi. Harapan kami dengan adanya penilaian ini, dapat menjadi tolok ukur dan bahan evaluasi bagi kami sehingga pelaksanaan penilaian bukan sekedar mengejar juara. Namun lebih dari itu, dapat memberikan dampak dan kontribusi positif bagi peningkatan pelayanan bagi keluarga dan masyarakat yang berlangsung secara terus menerus dan tidak bersifat sesaat,”tutupnya. (SL/TM) 

Bagikan: