ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Festival Rasai Kota Tahun 2023 dan Parade Karnaval, Sarasehan Istri Wali Kota (Rasai Kota) se-Indonesia tahun 2023 di Ternate, dibuka secara langsung oleh Istri Wali Kota Bogor yang juga Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Yane Ardian Bima Arya, yang berlangsung di Taman Nukila pada Senin, (2/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Istri Wali Kota Bogor yang juga Ketua TP-PKK, Yane Ardian Bima Arya menyampaikan, bahwa tugas Wali Kota adalah tugas yang luar biasa. Mulai dari mengurus infrastruktur baik fisik maupun atau non fisik, para wali kota berjuang membangun Kota.

Menurutnya, salah satu contoh Pembangunan non fisik adalah pemberdayaan masyarakat dimana pemberdayaan masyarakat tersebut diemban oleh para istri Wali Kota.

“Untuk itu saya sangat kagum dengan para istri Wali Kota yang sudah berjuang mendampingi para suami yang melaksanakan tugas mulia,”katanya.

Istri Wali Kota Bogor yang juga Ketua TP-PKK, Yane Ardian Bima Arya. (Dok.Edo Huka)

Pembangunan non fisik, lanjutnya, tidak bisa dirasakan secara instan, untuk itu dalam PKK kita mempunyai 5 lomba PKK yang dijalani ketua penggerak PKK dimana dalam kegiatan tersebut kita bisa melihat perubahan perilaku Masyarakat melalui pembinaan selama 10 bulan,”katanya.

Dikatakannya, pemberdayaan yang tidak bisa terlepas dari pemberdayaan ekonomi keluarga. Karena, sebuah tindakan yang salah jika pemerintah tidak mendukung UMKM karena UMKM menyumbang 61% perekonomian nasional, bahkan penyerapan tenga kerja sebesar 97% yang artinya UMKM dapat membantu mengurangi angka pengangguran.

“Untuk itu, sebagai istri ketua dewan APEKSI sangat bangga berdiri disini dan bersama-sama membuka Festival Rasai Kota, dan mulai malam ini kita akan mengeksplor Kota Ternate dan lusa melakukan kunjungan rempah,”ungkapnya.

Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza M. Tauhid yang juga Penanggup Jawab Rasai Kota 2023. (Foto.Diskomsandi)

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza M. Tauhid yang juga Penanggung Jawab Rasai Kota 2023 menyampaikan, terdapat serangkaian acara selama tiga hari, hari ini, besok dan hari rabu.

Dan kegiatan ini, melibatkan seluruh komponen masyarakat, yang terdiri dari kelompok UMKM dan berbagai paguyuban yang ada di Kota Ternate, hal ini menunjukan bahwa Kota Ternate terbuka bagi semua orang.

“Keanekaragaman yang kami miliki tentunya sesuai dengan branding Ternate Kota Rempah. Sehingga, permohonan maaf juga saya ucapkan, terkait perubahan jadwal keberangkatan ke Ternate yang dialami beberapa delegasi,”ucapnya.

Secara khusus, Marliza mengucapkan, terima kasih kepada Dewan APEKSI yang telah banyak memberikan support kepada panitia daerah dalam bentuk komunikasi dan koordinasi sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

“Kemudian kepada istri Wali Kota, pendamping dan seluruh delegasi yang datang ke Kota Ternate, saya ucapkan selamat datang. Saya berharap para delegasi bisa membawa pulang kenangan manis setelah kembali ke daerah masing-masing,”tuturnya.

Parade Karnaval, Rasai Kota 2023. (Dok.Edo Huka)

Setalah membuka Festival Rasai Kota 2023, Ketua TP PKK Bogor Ny. Yane Ardian Bima Arya Bersama Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid menempelkan stiker Perempuan dan Rempah sebagai tanda dimulainya festival yang diikuti oleh semua Istri Walikota dan Delegasi yang hadir.

Festival Rasai Kota 2023 dimeriahkan dengan Tarian Daerah, Karnaval, Booth Galeri dan UMKM, Panggung Seni Budaya, Karnaval Kuliner, Talk Show, Pasar Murah dan berbagai hiburan lainnya yang akan digelar selama 3 hari mulai tanggal 2 hingga 4 Oktober 2023 di Taman Nukila Ternate. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: