ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang) Kota Ternate dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate melakukan inspeksi mendadak di pasar Higienis Bahari Berkesan Rabu, (3/4/2024).

Inspeksi mendadak di pasar Higienis Bahari Kesan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muhamad Hartono didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Nursida.

Sidak yang dilakukan bersama antara Dinas Ketahanan Pangan Dan Disperindag itu, guna memantau ketersediaan stok dan harga barang bahan kebutuhan pokok di pasar Tradisional Kota Ternate

Kadis Ketpang Kota Ternate, Muhamad Hartono mengatakan, bahwa beras berjenis premium, seperti beras Bola Mas dan beras Fag Spesial, harganya masih tetap terjaga dan tidak mengalami kenaikan selama bulan suci ramadhan.

Karena, menurut Hartono harga beras Premium masih tetap di harga 18.000 per kg dan beras jenis SPHP (Stabilitas Pasokan Harga Pangan) dari Perum Bulog, harganya hampir sama dengan beras premium lainnya.

“Beras Bola Mas dan Fag Spesial masih stabil dari awal ramadhan, termasuk untuk beras jenis SPHP yang harga dan kualitasnya hampir sama dengan jenis premium. Beras SPHP yang kita pakai itu, sangat bagus juga kualitasnya,”ujarnya kepada Terbitmalut.com

Mantan Kepala Bidang Pelayanan Konsumen Disperindag Provinsi Maluku Utara itu juga berpesan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir mengkonsumsi beras SPHP, karena terjamin kebersihannya dan menyehatkan.

“Untuk beras SPHP, masyarakat tidak perlu takut. Karena itu juga sudah bersih, kemudian karbohidratnya terjamin,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, Kadis Pangan juga menyampaikan kepada masyarakat yang sementara berbelanja agar jangan takut mengkonsumsi beras Bulog yakni SPHP.

Karena, akan mengurangi pengeluaran dari masyarakat dalam berbelanja dengan memborong bahan kebutuhan pokok, karena stok sembako untuk ketersediaan pasokan tetap terjamin dan aman sampai hari raya Idul Fitri.

“Jangan takut, karena itu adalah beras pemerintah yang sudah dijamin, sudah dilakukan analisis, dan Insya Allah masyarakat akan terjamin keamanannya saat dimakan. Kalau boleh jangan borong bahan sembako karena harga dan stok selalu terjaga dan dijamin amin sampe idul fitri,”harpanya.

Kemudian, sesuai hasil pantauan di pasar harga beras spesial masih 18.000 per kg, beras SPHP 12.800 /KG, gula pasir 18.000/kg minyak kelapa minyak Kita 17.000/kg Bawang Merah 50.000/kg, Bawang Putih 55.000/kg, Cabe Keriting 25.000/kg, rica nona 60/kg, 25.000/kg, Tomat, 12.000/kg.

Sementara, Kadis Perindag Kota Ternate, Nursida menghimbau kepada para pedagang, untuk mengikuti semua harga-harga yang telah ditentukan atau Harga Eceran Tertinggi (HET). Baik itu harga eceran yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Ternate, maupun dari instansi terkait, sehingga tidak memberatkan masyarakat.

“Intinya kita turun ini melakukan inspeksi mendadak, supaya kita tahu sejauh mana harga-harga kebutuhan pokok, selama bulan Puasa dan menjelang lebaran. Dan memang ada kebutuhan-kebutuhan pokok yang harganya sudah turun, menetap, bahkan ada yang naik,”jelasnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: