ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dalam rangka menyambut HUT Kodam XV/Pattimura Ke-67, Korem 152/Babullah menggelar Karya Bakti pembersihan sampah di kawasan sungai tapak II dan Toboko yang dipimpin langsung oleh Danrem 152/Babullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga pada Rabu, (22/5/2024) kemarin.

Kegiatan itu, diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin oleh Danrem serta diikuti oleh 300 personel jajaran Korem 152/Babullah, selanjutnya pasukan dibagi menjadi 2 kelompok sesuai tanggung jawabnya dengan sasaran, seperti di sungai samping SPBU Codo (tapak II) dan Kalimati Kelurahan Toboko.

“300 Prajurit Singa Baabullah dibagi menjadi 2 sasaran, yaitu Sungai di kawasan Makassar Timur dan 150 di Kelurahan Toboko untuk membantu masyarakat membersihkan lingkungan, khususnya area sungai dan kali mati yang sering dipenuhi sampah terutama di musim penghujan, yang menjadi bibit permasalahan,”ucap Danrem.

Dewangga menyampaikan, dampak sampah ini sangat bahaya selain menjadi penyebab banjir juga dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Bahkan ketika mengalir ke laut dapat merusak terumbu karang dan ekosistem laut.

“Mengingat kota Ternate ini merupakan kota Pariwisata, pendidikan dan perdagangan sehingga perlu penataan yang baik agar menarik simpati wisatawan dari luar,”ungkapnya.

“Jadi ini bersamaan dengan HUT Kodam XV/Pattimura, kita lakukan pembersihan untuk memberikan contoh dan menumbuhkan kesadaran masyarakat, untuk menjaga kebersihan,”sambungnya.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari DLH, melalui Kepala Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup  Kota Ternate, Asmal Lahario yang mengatakan, dengan keterlibatan TNI ini sangat membantu penanganan sampah yang memiliki dampak sosial yang tinggi di Kota Ternate.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan bersinergi dengan seluruh instansi dan masyarakat luas sehingga menciptakan Kota yang bersih, rapi, indah dan sehat,” harapnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: