Menu

Mode Gelap

Ternate · 24 Mei 2023 07:49 WIT ·

Kunjungi Arsip Nasional Portugal, Pemkot Ternate Lakukan Penelusuran Arsip Tua dari Kesultanan Ternate


 Pemkot Ternate diskusi bersama Prof. Antonio dari Universitas Lisbon dan Perwakilan keluarga Francisco Serrao dilangsungkan Kantor Arsip Nasional Portugal Perbesar

Pemkot Ternate diskusi bersama Prof. Antonio dari Universitas Lisbon dan Perwakilan keluarga Francisco Serrao dilangsungkan Kantor Arsip Nasional Portugal

TERNATE, TERBITMALUT.COM Dalam Lawatan ke Eropa oleh Pemerintah Kota Ternate, sekaligus dilakukan kegiatan penelusuran dan penguatan informasi terkait Arsip tua dari Kesultanan Ternate di Portugal pada Senin, (22/5/2023) kemarin.

Arsip tua berupa manuskrip atau surat tua tulisan tangan asli diperlihatkan dalam pameran kecil (small exhibition) yang telah disiapkan oleh Arsip Nasional Portugal, menyambut kedatangan tim pemerintah kota Ternate yang terdiri atas Walikota, Kepala Bappelitbangda, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, dan Bidang Kerjasama Internasional, Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun.

Dalam kesempatan itu, Manajer Divisi, Arsip Nasional Portugal, Dr. Jose Maria Furtado mengatakan, bahwa riwayat dokumen mulai diarsipkan hingga mendapat perlakuan khusus dan lahirnya Arsip Nasional.

Dalam penjelasan riwayat singkat ini, diskusi dan tanya jawab pun dilakukan oleh kedua pihak terkait Manuskrip Ternate di Portugal, diantaranya adalah Surat dari Sultan Ternate kepada Raja Portugal yang ditulis pada 1521 dan 1522.

Kedua surat ini telah dikenal para peneliti sebagai dua surat tertua berbahasa Melayu yang masih tersimpan dan terawat baik oleh Arsip Nasional Portugal.

Kemudian tim Pemerintah Kota Ternate dan Universitas Khairun mendapat kesempatan untuk melihat langsung kedua surat ini dan beberapa manuskrip lainnya, yang masih asli dan terawat dengan sangat baik.

Peluang yang dapat dilakukan di saat ini adalah kerjasama riset antara Pemerintah Kota Ternate dan Arsip Nasional Portugal, sebagaimana telah diawali oleh Universitas Khairun dengan Universitas Lisbon dan Naval School, sejak 2019 lalu.

“Kunjungan ini merupakan tindak lanjut peran Universitas dalam menguatkan peran lintas institusi,” kata Maulana Ibrahim perwakilan Kantor Urusan Internasional (KUI) Unkhair Rabu, (24/5/2023).

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, menyampaikan bahwa saatnya Kota Ternate tampil kembali secara internasional.

“Dengan menguatkan peran sebagai Kota Rempah dalam jejaring global lintas bidang, sebagaimana telah didiskusikan bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Portugal di Wisma Kedubes di Lisabon,”tambah Tauhid.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ternate, Safiah M. Nur bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan Arsip, sehingga urusan Arsip dan Literasi menjadi bagian dari kolaborasi baik antar lembaga dan berbagai pemangku kebijakan, baik lintas pemerintah Kota, Institusi pendidikan, kantor Arsip maupun secara global dengan berbagai pihak terkait.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menambahkan, bahwa upaya penguatan narasi Kota Rempah, harus dilakukan salah satunya dengan penguatan Arsip dan bukti Sejarah.

Perlu diketahui, Kunjungan dan diskusi di Arsip Nasional Portugal ini juga dihadiri Prof. Antonio dari Universitas Lisbon dan Perwakilan keluarga Francisco Serrao, seorang Penjelajah Portugis pertama yang mencapai Kepulauan Maluku pada 1512, dan menjalin hubungan baik dengan Kesultanan Ternate.

Diskusi dan Obrolan perwakilan keluarga Serrao yang merupakan generasi atau keturunan ke-14 dengan Walikota Ternate, menjadi hal perdana untuk menjalin hubungan baik sebagaimana telah dilakukan para pendahulu lebih dari 500 tahun lalu. (SL/TM)

Artikel ini telah dibaca 172 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate