ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Disperkimtan Kota Ternate, Muhammad Syafei mengatakan, tahun ini bantuan rumah Swadaya Tematik Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Kelurahan Kasturian, Kecamatan Ternate Utara sebanyak 79 unit rumah layak huni melalui DAK Tematik 2023 sebesar Rp.395 juta.

Bantuan 79 unit rumah layak huni itu juga akan disertifikatkan oleh Pemerintah Kota Ternate.

Menurutnya, saat ini lagi dalam tahap persiapan, dan di lapangan akan dilakukan penandaan titik koordinat yang akan dibangun 79 rumah Swadaya layak huni di Kelurahan Kasturian.

“Sehingga nantinya dari pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Ternate yang akan turun secara langsung untuk menentukan titik pembangunan rumah Swadaya bagi masyarakat Kelurahan Kasturian, yang akan masuk ke data base, untuk proses administrasi,” katanya saat diwawancarai Terbitmalut.com Selasa, (5/9/2023).

Selain bantuan rumah Swadaya layak huni di Kelurahan Kasturian, lanjut Syafei, ada juga di Kelurahan Kampung Makassar Timur sebanyak 36 unit rumah yang akan disertifikatkan.

“Bahkan, ada juga aset-aset Pemerintah daerah yang berhasil disertifikatkan,”tambahnya.

Terpisah Kepala Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pengendalian Kawasan Disperkimtan Kota Ternate, Rosita Tauda mengatakan, jadi bantuan rumah Swadaya Tematik itu di Kelurahan Kasturian sebanyak 79 unit dan Kelurahan Kampung Makassar Timur 36 unit.

“Bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik sebesar Rp. 395 juta tahun 2023. Sehingga kita akan menggabungkan sekalian dengan Makassar Timur, karena 36 unit itu belum bersertifikat, pada saat dibangun melalui DAK Terintegrasi di tahun 2021,” ungkapnya.

Untuk bantuan rumah Swadaya di Kelurahan Kasturian, lanjut Rosita, baru dilakukan pemetaan secara langsung oleh BPN Kota Ternate.

“Kalau yang sudah terbangun di termin pertama di kelurahan Kasturian itu sebanyak 19 unit dari total 79 unit. Sementara, termin kedua di Minggu depan sudah mulai di bangun, karena termin pertama harus 30 persen baru bisa permintaan termin kedua,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: