ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota melalui Bappelitbangda Kota Ternate, merencanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Forum Perangkat Daerah serta Musrenbang RPJPD 2025-20245 sebelum perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Taufik Jauhar mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan dokumen hasil Musrenbang Kecamatan dan hasil Musrenbang Komunitas untuk dimasukkan atau diinput kedalam aplikasi SIPD.

Jika sudah selesai diinput kedalam aplikasi SIPD, maka kemungkinan di minggu ketiga bulan Maret 2024 ini akan dilakukan Musrenbang Kota atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sekaligus Forum Perangkat Daerah.

“Jadi target kita sebelum Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Karena dengan jadwal yang ketat, maka sebelum Idul Fitri kita sudah bisa menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan akan kita lakukan juga Musrenbang RPJPD 2025-2045,”kata Taufik saat ditemui Terbitmalut.com di ruang kerjanya Kamis, (14/3/2024).

Menurut Taufik, jika hal ini tidak dilakukan Musrenbang RPJPD nya juga akan molor lagi, karena tidak sesuai jadwal yang sudah kita tentukan. Dan sesuai target Pemerintah Pusat pelaksanaan Musrenbang RPJPD paling lambat bulan Agustus 2024 sudah harus jadi Perda.

“Jadi kemungkinan Musrenbang RKPD Kota Ternate tahun 2025 dan Forum Perangkat Daerah akan dilakukan duluan baru dilaksanakan Musrenbang RPJPD 2025-20245. Dan muda-mudahan tahapan itu kita bisa tuntaskan di bulan Ramadhan ini,”tuturnya.

Padahal sebelumnya, pihaknya telah menjadwalkan untuk pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025, Forum Perangkat Daerah dan RPJPD itu sebelum Ramadhan.

“Memang kita jadwalkan sebelumnya harus sebelum Ramadhan hanya saja, jadwal yang padat, belum lagi penginputan data hasil Musrenbang Kecamatan dan Komunitas di SIPD itu memakan waktu yang agak lama juga,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: