ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Menjelang Hari Raya kurban atau Idul Adha 1444 H/2023 M. Dinas Pertanian Kota Ternate telah layangkan surat pemberitahuan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di setiap Masjid.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Maluku Utara, Thamrin Marsaoly mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023M. Sudah menjadi tugas rutin kita di Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan, salah satu tupoksinya adalah pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Menurutnya, Surat pemberitahuan kita sudah layangkan ke pengurus Masjid di Kota Ternate, yang nantinya di H-4 sampai pada H-2 kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, sebelum di kurban oleh pengurus Masjid.

“Tujuannya adalah untuk memastikan kesehatan hewan kurban, jangan sampai hewan tersebut mengalami penyakit mulut dan kuku, kemudian kelayakan hukum berkurban, yang harus dipenuhi syarat-syarat kurban seperti, umur hewan harus diatas 2 tahun, tidak berproduksi atau sedang hamil,”kata Thamrin Kamis, (22/6/2023).

Thamrin juga menyampaikan alhamdulillah, sampai saat ini Kota Ternate, bahkan wilayah Maluku Utara, masih berada pada zona hijau artinya tidak ada penyakit dari hewan.

“Sehingga kita menghimbau agar masyarakat tidak takut mengkonsumsi daging hewan kurban atau sapi di hari Raya Idul Adha,” pintanya.

Thamrin mengatakan, sekarang ini yang dilakukan oleh Distan adalah menjaga 4 pintu masuk hewan kurban di Kota Ternate. Dan yang pasti hewan atau sapi ini semuanya dari lokal Maluku Utara, seperti Halbar, Halut, Haltim, Tidore dan Kabupaten lainnya, dan itu tidak dari luar Maluku Utara.

“Karena yang pasti tingkat konsumsi daging sapi di Kota Ternate tinggi, bukan saja pada saat Hari Raya Kurban atau Idul Adha. Tapi, di hari-hari biasa juga, karena kebutuhan rumah makan, restoran dan lainnya,” tambahnya.

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi 

Bagikan: