ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Empat puluh satu (41) situs geologi yang tersebar di kota Ternate yang diusulkan oleh pemerintah kota Ternate dan diserahkan langsung oleh Walikota Ternate pada tahun 2022 lalu akan diverifikasi secara resmi oleh tim Kementerian ESDM melalui Badan Geologi.

Tim yang akan melakukan verifikasi situs geologi Ternate, pada tanggal 16 – 27 Mei 2023 akan di pimpin oleh Rully Setiawan, Sesuai dengan surat nomor :T-357/GL.03/BGS/2023 tertanggal 11 Mei 2023. 

Berdasar pada dokumen usulan pemerintah Kota Ternate yang sudah ditelaah dan dievaluasi oleh tim asesor nasional maka perlu tindak lanjut untuk verifikasi lapangan dengan melihat keunikan geologi, konteks ruang serta nilai edukasi, konservasi dan dampak ekonomi ke depan.

Wali Kota Ternate, DR. M.Tauhid Soleman menyampaikan, bahwa ini proses panjang yang fokus, terarah serta berbasis data riset yang dilakukan oleh pemerintah Kota Ternate.

“Guna pengembangan Kota Ternate yang berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai edukasi dan konservasi, serta berdampak terhadap nilai ekonomi masyarakat lingkat destinasi atau situs geologi,”kata Tauhid seperti rilis diterima Sabtu, (13/5/2023).

Bahkan Tauhid juga menyampaikan pada saat HAJAT 772 lalu, bahwa saat ini Ternate lagi berproses menuju Geopark Nasional.

Sementara, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, DR. Rizal Marsaoly juga mengatakan, bahwa kami akan fokus dan terus mengawal proses ini, hingga terwujud sebagai Geopark Nasional bahkan Unesco Global Geopark, melalui riset riset yang tematik dan terarah,  

Menurut Rizal, selama proses verifikasi, tim asesor akan didampingi oleh Tenaga Ahli Walikota Bidang Geologi yang akrab disapa “deddy” serta tim Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate. 

“Ini adalah proses yang dimulai sejak 2019 -2023, dan ini sudah sesuai dengan Perpres No.9 Tahun 2019 tahapan penetapan geopark nasional (Verifikasi Dan Penetapan Warisan Geologi, Dozer Dan Penetapan Geopark Nasional),”ungkapnya.

Sesuai tahapan, lanjut Rizal, penetapan geopark maka yang paling awal harus ditetapkan adalah sebagai Warisan Geologi Nasional.

“Alhamdulillah atas dukungan dari pemerintah Kota Ternate di tanggal 16-27 Mei 2023, Ternate sudah resmi di verifikasi,”tambahnya. (SL/TM)

Bagikan: