ads
ads

Samin : Empat JPT Lainnya akan dilakukan Uji Kompetensi

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, melalui BKPSDM Kota Ternate telah mengantongi rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait hasil seleksi Sekda Kota Ternate dan hasil uji kompetensi tiga JPT Kota Ternate. 

Tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang akan dilantik adalah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Daerah (DP2KB) Kota Ternate, Dukcapil Kota Ternate dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate. 

Sementara, hasil Seleksi terbuka Jabatan Sekda terdapat tiga nama yakni Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly memperoleh nilai tertinggi, 226,80. Posisi kedua ditempati Kepala BPKAD, Abdullah Hi. M. Saleh dengan nilai 221,65. Sedangkan Sekwan DPRD, Aldhy Aly mendapat nilai 211,84.

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, pemerintah Kota Ternate sudah menerima dua  rekomendasi dari KASN. 

Pertama, rekomendasi tentang hasil seleksi terbuka JPT Pratama pada jabatan Sekretaris Daerah dengan nomor: B-4931/JP.00.00/12/2023 tertanggal 29 Desember 2023 yang ditandatangani Ketua KASN, Agus Pramusinto

Kedua, rekomendasi tentang persetujuan hasil seleksi terbuka JPT di tiga jabatan OPD, yakni Kepala DP2KB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Dukcapil dengan nomor:B-8/JP.00.00/01/2024 tertanggal 3 Januari 2024.

“Maka dalam waktu dekat kita sudah bisa mempersiapkan pelaksanaan pelantikan jabatan Sekda dan tiga jabatan OPD. Kecuali Kepala Dukcapil yang harus menunggu SK dari Mendagri,”ucap Samin kepada sejumlah awak media di halaman kantor Wali Kota Ternate, Kamis (4/12/2023). 

Kaata Samin, kita juga akan menyampaikan hasil uji kompetensi ke Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk dilakukan wawancara. Dan proses wawancara baik online atau offline itu akan ditentukan oleh pihak panitia yang ada di Dirjen Dukcapil. 

Kemudian, lanjut Samin, kedua  rekomendasi dari KASN sudah disampaikan ke Wali Kota, M. Tauhid Soleman. Selanjutnya Wali kota yang memilih dari tiga nama ikut Seleksi Sekda termasuk di tiga OPD tersebut. 

“Untuk itu, yang pastinya sebelum Kamis 11 Januari 2023 akan dilakukan pelantikan. Karena di tanggal 11 itu batas terakhir pemerintah Kota mengisi jabatan sekda Kota Ternate definitif. Karena kalau melebihi dari 3 bulan, akan di take over oleh provinsi,”jelasnya.

Disi lain, Kepala BKPSDM itu menambahkan, dalam waktu dekat juga kita akan melaksanakan uji Kompetensi (Ukom) jabatan pimpinan tinggi (JPT) di empat OPD. 

Sehingga keinginan Wali Kota terkait dengan evaluasi kinerja, seperti sudah disampaikan di awal tahun itu, akan berjalan. 

“Dengan begitu, BKPSDM Kota Ternate sudah siap dengan seluruh dokumen tambahan untuk ukom JPT di empat OPD,”ungkapnya.

Hanya saja, Samin belum menyampaikan OPD mana-mana saja, yang akan dilakukan uji kompetensi. 

“Nanti kita liat JPT di empat OPD mana-mana saja. Yang pasti norma prosedur dan kriteria itu kita pegang. Sehingga, ada jabatan mana yang kosong langsung kita lelang, dan rotasi mutasi kita lakukan Ukom. Memang itu prinsip dasar pada JPT. Karena, Pemkot Ternate tidak asal-asal, tapi, kita ikuti standar prosedur dan kriteria,”pungkasnya. (**) 

Editor : Sukur 

Bagikan: