ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman membuka secara langsung Pameran Bursa Kerja atau Job Fair Hybrid, yang dilangsungkan di Jati Hotel Kelurahan Jati Senin, (26/6/2023).

Kegiatan tersebut dengan mengusung tema “Tangguh Bersinergi, Menuju Ternate Andalan” yang diikuti oleh 20 perusahaan dengan jumlah lowongan kerja (loker) 25.763 termasuk 5 orang disabilitas yang berlangsung selama 2 hari hingga Selasa, 27 Juni 2023 besok.

Pembukaan tersebut dihadiri juga oleh Forkopimda Kota Ternate, Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dra. Nuraini Nawawi, dan sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari job fair 2023 ini adalah untuk menanggulangi ketidakseimbangan masalah ketenagakerjaan yang mengakibatkan masih tingginya angka pengangguran di Kota Ternate.

“Pelaksanaan job fair ini tidak terlepas dari partisipasi aktif para pengusaha, perusahaan dan organisasi teknis yang menyerap banyak tenaga kerja dan harus dimanfaatkan oleh para pencari kerja,”kata Tauhid.

Menurut Tauhid, adanya lowongan kerja, merupakan pertumbuhan ekonomi di sektor usaha swasta dan merupakan tumpuan penyerapan tenaga kerja. Pemerintah Kota Ternate senantiasa memfasilitasi dan berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berpihak pada sektor swasta yang banyak menyerap tenaga kerja.

“Memang Penyediaan tenaga kerja sesuai permintaan pasar kerja melibatkan berbagai pihak, antara lain, lembaga pendidikan akademis, lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi. Dengan ketentuan sertifikat kompetensi bagi tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya, menuntut peningkatan kualitas tenaga kerja yang terdidik dan terlatih,”ucapnya.

Kaitan dengan itu, untuk mengatasi sejumlah permasalahan tersebut diatas, bagi pengguna tenaga kerja diharapkan mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten sesuai kualifikasi dan jabatan yang diinginkan.

“Pengguna tenaga kerja wajib mensejahterakan pekerjanya yang berkualitas tentunya dalam rangka fasilitasi hubungan industrial yang lebih baik,”ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dra. Nuraini Nawawi menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Job Fair ini dimaksudkan untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja atau perusahaan secara langsung, sehingga mempermudah proses penempatan tenaga kerja.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan Job Fair ini adalah memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan mereka masing-masing, serta membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya demi mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

“Kegiatan Job Fair kali ini menggunakan sistem Hybrid, yang memadukan jalur online pada pendaftaran pelamar melalui aplikasi Lentera Bursa Kerja Ternate yang dapat di download melalui Play Store dan dapat juga melalui Link Lentera Disnaker Kota Ternate, kemudian dilanjutkan melalui jalur offline untuk pemberkasan dan interview di lokasi kegiatan,”ucapnya.

Selain itu ada juga bantuan dari Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate, seperti Bantuan usaha berupa peralatan Home Industri Bagi Pelaku Usaha Disabilitas,

Bantuan usaha berupa peralatan Jahit Bagi Pelaku Usaha Disabilitas, Bantuan usaha DID berupa peralatan Home Industri Bagi Pelaku Usaha, Bantuan usaha DID berupa peralatan Jahit Bagi Pelaku Usaha.

“Oleh karena itu, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih, terutama kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara, Para Mitra Dunia Usaha atas partisipasi dalam kegiatan ini terutama dalam penyiapan lowongan kerja,”tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota juga memberikan piagam penghargaan kepada para perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja pada Job Fair tahun 2023 ini.

Selain itu, Wali Kota dan Ketua TP PKK juga menyerahkan bantuan usaha kepada sejumlah penerima manfaat dan juga menyerahkan santunan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan. (**)

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi

Bagikan: